Referensi Lengkap Bayangan pada Wajah


Referensi Lengkap Bayangan

Halluuuu teman-teman blog blahbloh di manapun kalian berada. Apa kalian sehat? Semoga diberikan kesehatan dan semangat selalu untuk belajar menggambar ya. Sebentar lagi libur natal dan tahun baru lho. Apakah kalian ada rencana untuk berlibur ke suatu tempat? Kalau tidak ada, mendingan dimanfaatkan untuk belajar menggambar bersama blog blahbloh. Banyak tutorial-tutorial yang bisa dipraktikkan masing-masing di rumah, jadi liburan kita menjadi lebih bermanfaat kan. Oh iya, kali ini mimin mau bahas tentang bayangan khususnya bayangan pada wajah. Langsung saja kita bahas yak.

Banyak dari kita mungkin merasa cukup kesusahan menentukan letak bayangan yang tepat ya. Banyak yang harus dipertimbangkan seperti sumber cahaya, arah cahaya, tekstur atau bentuk objek yang terkena cahaya, dll. Tentu hal ini menjadi salah satu elemen yang cukup menyulitkan kita.

Bayangan merupakan sesuatu yang menurut mimin cukup penting. Kenapa? Soalnya dengan adanya bayangan (meskipun sedikit) gambar kita akan lebih hidup, jadi kesannya tidak plain atau datar dengan warna saja. Dengan penempatan bayangan yang tepat, tentu saja akan membuat gambar lebih menarik untuk dilihat. 

Tetapi penempatan bayangan juga harus berhati-hati dan tidak bisa asal-asalan. Salah salah nanti gambar  kita akan rusak karena penempatan bayangan yang tidak tepat. Bayangan tidak bisa dipisahkan dari yang namanya sumber cahaya. Dengan menentukan sumber cahaya terlebih dahulu kita baru bisa menentukan di mana tempat yang tepat untuk bayangan di suatu objek di gambar kita. 

Wajah merupakan suatu bagian di kepala manusia yang memiliki daerah yang tidak rata. Sebut saja misalkan bagian mata, pipi, hidung, dahi, dan bagian wajah lainnya memiliki tingkat tonjolan masing-masing. Hal itulah yang membuat kita kadang kesusahan untuk menggambar bayangan terutama pada wajah. Di bawah ini, mimin ada beberapa referensi bayangan khusus pada wajah yang bisa kalian praktikkan di rumah. Bayangan yang dibuat yaitu berdasarkan sumber cahaya yang berasal dari berbagai arah sehingga kita bisa membandingkan antara bayangan dari sumber cahaya yang satu dengan bayanagan dari sumber cahaya yang lainnya. Langsung saja dilihat ya. Check it out!

Referensi Lengkap Bayangan
Sumber: Pinterest

Referensi Lengkap Bayangan
Sumber: Pinterest

Referensi Lengkap Bayangan
Sumber: Pinterest

Referensi Lengkap Bayangan
Sumber: Pinterest
Nah, dari beberapa gambar wajah dengan bayangannya di atas, kita bisa melihat bahwa cahaya dan arah sinarnya sangat menentukan di mana letak bayangan yang tepat, tentu saja harus memperhatikan juga mengenai cembung cekungnya suatu daerah di wajah. Dengan letak bayangan yang tepat akan membuat gambar kita menjadi lebih hidup.  

Jadi sebuah bayangan pun akan menjadi penting dan akan menunjang kualitas gambar kita (entah hitam putih atau berwarna) jika kita mengetahui letak-letak yang tepat di mana bayangan dari suatu objek tersebut berada. Makanya harus dipelajari dan dilatih juga ya agar skill gambar kita improv hehe.

Sekian dulu postingan mimin kali ini yang membahas tentang bayangan pada wajah. Semoga referensi kali ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan skill menggambar kita. Jangan malas untuk belajar meskipun itu tentang hal-hal kecil. Selamat belajar dan mencoba ya.

Jangan lupa ikuti terus blahbloh.com ya karena mimin bakal sering upload tentang tutorial, referensi, tips dan trik tentang menggambar untuk meningkatkan skill dan kualitas gambar kita. Selain itu, mimin juga bakal posting info-info menarik lainnya seputar anime, game, manga, komik, dan info menarik lainnya supaya kalian tidak bosan hehehe. Terima kasih atas perhatian kalian dan sampai jumpa lagi lain waktu di postingan mimin lainnya.

Belum ada Komentar untuk "Referensi Lengkap Bayangan pada Wajah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel