Mengatur Jumlah Posting Artikel atau Max Result Halaman Blogspot


Hallo lagi semua, pada artikel kali ini kita akan membahas, bagaimana sih mengatur tampilan posting/artikel dalam halaman blog kalian.

Pada dasarnya dalam suatu template blogspot yang menggunakan paging atau halaman postingan dengan nomor/halaman atau navigasi bernomor biasanya akan mengatur jumlah artikel yang ditampilkan ketika nomor di klik atau ketika kalian mengklik menu halaman selanjutnya/next page, dan penomoran diblog ini umumnya menggunakan Javascript.
Mengatur Jumlah Posting Artikel atau Max Result Halaman Blogspot

Sebenarnya di blogspot sendiri sudah ada pengaturan untuk mengatur berapa jumlah artikel yang akan ditampilkan pada halaman depan. Namun biasanya meskipun sudah diatur, berapa jumlah  artikel yang ditampilkan pada halaman depan tetap saja tidak akan berpengaruh, apalagi jika jumlah artikel yang ingin ditampilkan jumlahnya tidak sesuai dengan jumlah yang terdapat pada javascript.

Contoh; pada pengaturan jumlah artikel yang ingin saya tampilkan pada halaman blog saya (tahutau.com) adalah sebanyak 10 artikel, namun karena disini jumlah max result Javascript penomoran halaman blognya adalah 8, maka ketika pengunjung mengklik halaman berikutnya, yang muncul atau ditampilkan maksimal hanyalah 8 artikel saja. Untuk lebih jelasnya kamu bisa memperhatikan Gambar dan URL berikut;

Mengatur Jumlah Posting Artikel atau Max Result Halaman Blogspot


Pada gambar diatas terlihat bahwa max result yang ditampilkan pada halaman 2 adalah sebanyak 8 postingan atau artikel, dan ini tentu saja tidak sesuai dengan keinginan saya sebelumnya yang ingin menampilkan sebanyak 10 artikel pada setiap halamannya, oleh karena itu supaya jumlahnya sesuai dengan jumlah pada pengaturan halaman depan, maka perlu diatur Javascript navigasi penomoran untuk setiap halamannya agar sesuai dengan keinginan saya.

Nah, untuk mengatur jumlah artikel/postingan atau "Max Result Artikel Blog" sesuai keinginan kita sangatlah mudah, silahkan ikuti langkah – langkah di bawah ini cara untuk jumlah artikel/postingan atau max result artikel di blog :
  • Masuk ke Blog - "Dashboard" - "Theme" - "Edit HTML"
  • Tekan CTRL+F, dan cari menggunakan kata kunci "max-result " tanpa tanda petik
  • Mungkin akan ada banyak sekali script baris max result yang akan kamu temukan, tapi yang harus kamu perhatikan adalah pada bagian yang terlihat seperti pada gambar dibawah ini:
  • Mengatur Jumlah Posting Artikel atau Max Result Halaman Blogspot
    Klik gambar untuk lebih jelas
  • Pada gambar diatas sebenarnya kita sudah bisa dengan mudah memahami bagian mana yang perlu dirubah bila ingin mengatur jumlah artikel per halaman yang ingin ditampilkan 
  • Untuk mengatur jumlah artikel per halaman yang ditampilkan sesuai dengan keinginan maka anda tinggal merubah nilai pada baris var perPage=8; 
  • Disini saya merubah var perPage menjadi 10, sehingga ketika navigasi halaman 2 di klik URL max result akan menunjukan angka "max=result=10" seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.
Mengatur Jumlah Posting Artikel atau Max Result Halaman Blogspot


Apasih tujuan mengubah jumlah postingan tersebut? Nah, tujuan saya merubah max result pada bagian javascript adalah supaya antara konten yang berada pada sidebar, dan halaman konten artikel  pada main posting bisa sejajar dan eyecatching. Bisa kamu bayangkan jika seandainya konten di side bar kamu banyak, belum ditambah dengan konten iklan, sedangkan main posting kamu cuma dapat menampilkan sebanyak 8 postingan, tentu akan terjadi asimetris atau presisi sehingga tidak elok dilihat. benar gak sih?

Ok, sekian. Terima kasih. kalau suka jangan lupa komen dan share ya 💓

1 Komentar untuk "Mengatur Jumlah Posting Artikel atau Max Result Halaman Blogspot"

  1. cara membatasi jumlah postingan yang muncul pada saat kondisi page == archive gimana ya bang, saya ingin membatasinya max result = 5. kalau bisa balas komentar saya ya bang :) , saya sedang ingin improve tampilan blog saya. Ini link situs saya kalau igin review tampilannya http://gallisdanu2019.blogspot.com

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel