Cara Mengatasi Memori Tidak Cukup Ruang pada HP Android


Kita tahu bahwa sebagian besar pengguna gatged hand phone sering menemukan kendala yang langsung berasal dari sistem android itu sendiri, hal ini sering kita temukan, salah satunya tidak lain ruang yang tidak cukup pada suatu perangkat saat terjadi koneksi baik download maupun upload, padahal jumlah ruang penyimpanan internal kita masih cukup banyak. Lantas apa penyebab hal tersebut? Akan kami beritaukan kepada anda di halaman ini,  cekidout.


Cara Mengatasi Memori Tidak Cukup Ruang

Masalah tidak hanya menimpa 1 atau 2 pengguna saja namun ratusan pengguna tiap harinya dan rata-rata terjadi pada smartphone yang memiliki kapasitas internal lebih kecil, bahkan pengguna smartpone menengah seperti samsung,  oppo,  sony Xperia,  dan lainnya ikut merasakan hal tersebut.

Dari beberapa gatged yang memiliki keluhan tersebut biasanya disebabkan oleh beberapa faktor,  dan tidak semua pula hp dengan kapasitas kecil akan selalu mengalami hal serupa.  Berikut faktor penyebab memori tidak cukup saat download maupun upload file


1. Terlalu sering/banyak mengistal Aplikasi
Tentu sebuah kewajaran bagi pengguna untuk hal tersebut,  terutama anak muda yang selalu aktif dalam  linkup gamers,  install or unistall App terus dilakukan demi memperoleh inspirasi baru.


2. Cache File yang menumpuk
Chace merupakan file yang bersifat sementara yang dapat bekerja untuk memuat sistem secara cepat, sistem tersebut biasanya Foto gallery atau jenis media lainnya. selain itu, Banyak juga yang berasal dari aktifitas browsing kita.

Jika terdapat cache yang rusak,  maka banyak pula kendala yang akan kita temukan saat mengakses gatget tersebut dan salah satunya adalah terjadinya eror pada hp.

Jika anda menemukan kendala tersebut yaitu muncul notifasi "Tidak cukup ruang penyimpanan" saat hendak menginstall aplikasi di android maka anda harus melakukan berbagai hal seperti berikut:

A.  Pindahkan satu atau beberapa aplikasi yang semula berada pada penyimpanan internal ke External (MicroSD) 

penyimpanan internal ke External (MicroSD),  hal ini bertujuan untuk memberi ruang kosong memory internal dan berikut carannya

Cara memindahkan Aplikasi dari Internal ke External

  1. Buka menu pengaturan (setting) 
  2. Pilih penyimpanan (Storage) yang bisa anda temukan pada tab umum/General
  3. Silahkan gulir ke bawah dan pilih lokasi pemasangan yang disukai ( Preffered Instal location) 
  4. Pilih penyimpanan kartu SD yang artinya and menginginkan file masuk ke memori card (external) 
  5. Back ke menu setting dan pilih kelola Aplikasi (Manage Applicatoion) 
  6. Silahkan anda tentukan apa saja App yang ingin anda pindahkan dengan klik tombol Move to SD Card yang berarti pindah ke Memory card

B.  Mengurangi Jumlah aplikasi dengan menghapus yang tidak terpakai

Ini juga bisa menjad penyebab utama minimnaya space pada smartphone anda. Maka dari itu, silahkan anda sortir Jenis App & Game yang tidak terpakai untuk dihapus guna meringankan beban space smartphone.  Cara menghapus-nya pun sangat mudah,  silahkan ikuti cara menghapus aplikasi di hp androi berikut ini:
  1. Pergi ke menu setting 
  2. Pilih menu kelola aplikasi
  3. Pilh App atau Game dan klik unistall

C.  Bersihakan Cache maupun data Aplikasi

Ini merupakan cara yang paling ampuh untuk menghindari terjadinya eror pada hand phone Android anda, Cache biasanya menumpuk pada aplikasi yang sering anda gunakan seperti Crome maupun aplikasi media sosial lainnya,  cache dapat memakan ruang penyimpanan yang sangat besar,  jadi hapuslah cache pada app tersebut dengan cara masuk ke menu setting - kelola aplikasi - pilih aplikasi yang hendak anda hapus cachenya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Memori Tidak Cukup Ruang pada HP Android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel