Cara Mengatasi Komentar Disqus Tidak Tampil di Blog


Penggunaan kolom komentar di blog dengan menggunakan layanan Disqus sudah umum kita pergunakana dan kita temukan hampir diseluruh blog dewasa ini. Sebagaimana kita ketahui bersama, Disqus merupakan suatu layanan sistem komentar berjaringan di dunia maya. Dengan layanan ini ratusan ribu situs, mulai dari situs kecil yang menggunakan layanan platform populer seperti blog Wordpress, Tumblr, Blogspot, hingga situs besar seperti Mashable.com dan CNN.com dapat diintegrasikan dengan Disqus.

Namun walaupun sudah sangat populer tentu saja masih saja ditemukan kelemahan atau semacam bug. Ini terkait perihal pengintegrasian layanan itu sendiri ke pemilik blog-blog kecil terkhusus pengguna platform blogger dengan domain blogspot-nya.

Cara Mengatasi Komentar Disqus Tidak Tampil di BlogMasalah Komentar Disqus di Blog.

Banyak artikel yang membahas tentang permasalahan layanan disqus ini. Dari tidak bisa memasang kolom komentar disqus, atau komentar disqus tidak tampil di blog hingga ada juga yang mengalami load komentar disqus yang kadang-kadang lambat sekali.

Berbicara komentar pengunjung yang tidak muncul di blog, yang paling banyak adalah disaat mengintegrasi layanan disqus. Namun tidak sedikit pula masih ada yang belum/kurang paham bagaimana cara memasang komentar disqus di blogger. 

Sesuai judul artikel kali ini, maka kita cari tahu kenapa komentar pengunjung di disqus tidak muncul di blogger / blogspot?

Untuk menggunakan layanan disqus di blog yaitu dengan menyisipkan beberapa kode kedalam template blog yang dimiliki, disini setidaknya pemilik blog memahami tentang bahasa pengkodean template.

Untuk anda yang benar-benar baru dan ingin menggunakan layanan ini, sebenarnya situs disqus telah memberikan panduan yang cukup simple dan mudah di mengerti yaitu dengan cara mengimpor script melalui widget blogger. 

Apabila hal tersebut sudah dilakukan namun masih saja belum menemukan hasil, berikut hal-hal yang mungkin menyebabkan itu semua terjadi:

  1. Script disqus yang digunakan bentrok dengan template blog.
  2. Pada template kekinian biasanya sudah diberikan fasilitas disqus sehingga kita hanya cukup memasukan ID disqus saja (menu tata letak). Sama pada point diatas terjadi bentrok pengkodean scipt antara disqus dengan template yang digunakan.
  3. Ada settingan pada pengaturan komentar di blogger yang belum benar.

Apapun itu masalahnya, ayo kita cari tahu penyelesaiannya.
Cara Mengatasi Komentar Disqus yang Tidak Tampil di Blog.

Hal yang perlu anda lakukan untuk mengatasi komentar yang tidak tampil adalah dengan mematikan fitur komentar bawaan blogger. Bisa saja ini yang menyebabkan bentrok terhadap penyisipan kode disqus. Caranya adalah dengan masuk kedasbor blog anda dan pilih “Setelan / Settings” > Pos”, Komentar dan Berbagi / Post, Comments and Sharing” > “Lokasi Komentar / Comment Location”, lalu pilh opsi "Sembunyikan / Hide".

Cara Mengatasi Komentar Disqus Tidak Tampil di Blog

Selanjutnya silahkan lihat hasilnya karena semestinya halaman komentar beserta komentar disqusnya sudah tampil blog anda. 

PENTING!
Bagi template yang menyediakan fitur disqus di dalam templatenya, ada beberapa kasus dimana komentar disqus memang tampil bila dibuka melalui browser PC namun ketika membukanya melalui ponsel/smartphone ternyata komentar disqus tidak ditampilkan, maka cara yang anda harus lakukan adalah memasukan kode disqus secara manual/import kode saja ke template blog dan membiarkan menu yang disedikan tersebut dalam keadaan apa adanya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Komentar Disqus Tidak Tampil di Blog"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel