Tips Merawat G-pen, Maru-pen dan Saji-pen Agar Lebih Awet


Jika kamu membaca artikel sebelumnya perihal pena manga ini, tentunya kamu sudah paham apa itu G-pen, Maru-pen, dan Saji-pen. Pada tutuorial terakhir kita sudah membahas tentang cara penggunaan pena ini dengan baik, maka sekarang marupen akan membagikan tips merawat pena manga ini., semoga dapat membantu.

G-pen, Maru-pen ataupun Saji-pen merupakan jenis pena yang dicelup kedalam tinta untuk penggunaannya. Biasa digunakan oleh para mangaka jepang dalam menggambar, karena karakteristik dari pena ini yang dapat membuat garis yang tebal atau tipis (tergantung jenis penanya, dan juga tekanan yang diberikan) dan garis yang stabil jika dibandingkan dengan menggunakan drawing pen. 

Tips Merawat G-pen, Maru-pen dan Saji-pen Agar Lebih Awet
Beda Gpen dan Pena biasa
Hasil gambar menggunakan G-pen dan Drawing Pen

Berbeda dengan 2 mata pena lain yang berbentuk setengah lingkaran (G-pen dan Saji-pen). Maru Pen umumnya digunakan untuk membuat detail halus, karena tarikan garisnya yang tipis, stabil, dan mulus. Bisa juga untuk membuat karakter, tetapi variasi tebal tipis garis terbatas. Maru Pen, menurut saya, lebih awet dibandingkan G-Pen, karena mata penanya lebih tahan lama dan tidak mudah merenggang.
Merawat G-pen,
Setiap yang mempunyai kelebihan tentunya mempunyai kekurangan, begipula dengan pena manga ini, kekurangan pena manga ini adalah umurnya yang tidak panjang, terlebih lagi kalau terlalu sering dipakai. Selain itu di Indonesia, pena ini harus di import jadi harga pena ini cukup mahal yaitu sekitar Rp. 12.000/bh nya.

Nah, jadi ada baiknya kamu mengetahui cara merawat pena ini, agar mempunyai umur yang panjang.
Tips merawat G-pen, Maru-pen dan Saji-pen agar lebih awet

  1. Apabila kamu telah selesai menggunakannya, cukup kamu lap dengan tissue hingga bersih.
  2. Jangan lupa untuk selalu menggunakan tinta yang non-waterproof, kenapa? tentu agar tintanya dapat lebih mudah dibersihkan dengan air.
  3. Apabila kamu menggunakan tinta jenis waterpoof atau jika ada tinta yang sudah mengering di sekitar batangnya, kamu bisa merendamnya dengan air hangat terlebih dahulu, kemudian tunggu hingga tinta yang menempel luntur.
  4. Ketika meletakan maru dan G-pen, jangan lupa untuk selalu meletakkannya dalam posisi berdiri, dimana mata pena harus menghadap atas.
  5. Hindari juga menekan mata pena terlalu keras.

Semoga tips diatas dapat berguna ya 😄
Jika ada sesuatu yang ingin kalian tanyakan silahkan komentar di bawah ini

Belum ada Komentar untuk "Tips Merawat G-pen, Maru-pen dan Saji-pen Agar Lebih Awet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel