Tips Menggambar Bebatuan


Bebatuan, Objek yang Cukup Susah untuk Digambar

Bebatuan, Objek yang Cukup Susah untuk Digambar

Hai teman-teman pembaca semuanya di manapun kalian berada. Semoga dselalu diberikan kesehatan dan semangat yang melimpah untuk menjalani hari-hari dengan penuh kebahagiaan. Kembali lagi mimin kali ini akan membahas tutorial dan juga menyuguhkan beberapa referensi menggambar. Untuk topik yang akan kita bahas kali ini adalah tentang bebatuan dengan judul postingan "Bebatuan, Objek yang Cukup Susah untuk Digambar".

Menggambar bebatuan merupakan hal yang susah-susah gampang. Karena bentuknya yang cukup tidak beraturan membuat kita harus pintar-pintar dalam memilih bentuk yang terlihat natural untuk bebatuan yang kita gambar. Tetapi ketika kita sudah menguasai dasar-dasar cara membuat bebatuan itu kita bisa mengkreasikan bebatuan yang akan kita gambar, besar atau kecil, bulat atau bentuk tegas, dan lain sebagianya karena memang bentuk bebatuan antara yang satu dan yang lain tidak lah sama.

Selain berfokus pada bentuk, lekukan-lekukan bebatuan juga salah satu faktor yang membuat bebatuan itu terlihat alami (jika kita menggambarnya dengan tepat). Ketepatan itulah yang susah untuk dibuat secara instan. Tidak jarang banyak sekali artist yang selain mencari referensi gambar bebatuan dari foto-foto di internet maupun langsung di alam untuk mendapatkan lekukan-lekukan yang bagus dan alami.

Satu lagi hal penting yang harus diperhatikan, bayangan dan pencahayaan. Untuk mencapai tingkat ke"alami"an yang bisa diterima nalar, bagian ini menjadi sangat penting untuk diaplikasikan. Tetapi tak jarang juga karena bentuk bebatuan yang tidak sama antara yang satu dengan yang lainnya membuat kita kesusahan juga untuk menentukan pencahayaan dan bayangan dari bebatuan tersebut.

Nah berikut di bawah ini mimin sediakan beberapa gambar tutorial step by step dan juga referensi bebatuan yang bisa kalian coba masing-masing dalam postingan "Bebatuan, Objek yang Cukup Susah untuk Digambar".

Bebatuan, Objek yang Cukup Susah untuk Digambar
Gambar 1: Bentuk Bebatuan (Sumber:Pinterest)

Bebatuan, Objek yang Cukup Susah untuk Digambar
Gambar 2: Bentuk Bebatuan (Sumber:Pinterest)
Gambar 1 dan gambar 2 merupakan gambar yang berisi beberapa contoh bentuk bebatuan. Antara yang satu dan yang lainnya memiliki bentuk yang tidak sama, dari yang menyerupai oval, mengerucut, sampai yang hampir berbentuk kotak. Dengan tambahan aksen guratan - guratan retakan atau leukan pada batu membuatnya terlihat natural dan tidak flat atau monotone ketika dilihat.

Bebatuan, Objek yang Cukup Susah untuk Digambar
Gambar 3: Bayangan Batu (Sumber: Pinterest)
Gambar 3 berisi dua gambar bebatuan yang sama. Bedanya di gambar kiri hanya gambar bebatuan yang saling bertumpukan sedangkan gambar kanan adalah gambar bebatuan beserta salah satu elemen penting dalam menggambar (apa saja) yaitu "bayangan". Bisa dilihat bukan bedanya, gambar kanan yang sudah ada bayangannya terlihat lebih natural dan tidak flat atau monoton. Dengan penentuan bayangan yang tepat, tentu saja akan memperindah gambar bebatuan yang kita gambar.

Bebatuan, Objek yang Cukup Susah untuk Digambar
Gambar 4: Bentuk Lekukan Batu (Sumber: Pinterest)
Gambar 4 berisi beberapa bentuk bebatuan. Yang menjadi fokus pertama adalah bentuk kontras. Jadi dalam menggambar bebatuan, besar kecilnya bebatuan tersebut diusahakan jangan sama. Kalian bisa memvariasikannya misal beberapa batu besar dan beberapa batu kecil dengan ukuran yang cukup berbeda jauh. Sedangkan fokus kedua adalah lekukan atau retakan yang ada pada batu. Diusahakan jangan membuat lekukan yang sama atau simetris antara yang satu dengan yang lain, itu membuat gambar bebatuan kalian tidak terlihat alami. Bisa dilihat kan perbedaan antara keduanya. Batu yang memiliki lekukan tidak simetris malah terlihat natural dan tidak monotone.

Bebatuan, Objek yang Cukup Susah untuk Digambar
Gambar 5: Tutorial Menggambar Bebatuan (Sumber: Pinterest)

Bebatuan, Objek yang Cukup Susah untuk Digambar
Gambar 6: Tutorial Menggambar Bebatuan (Sumber: Pinterest)

Bebatuan, Objek yang Cukup Susah untuk Digambar
Gambar 7: Tutorial Menggambar Bebatuan (Sumber: Pinterest)

Bebatuan, Objek yang Cukup Susah untuk Digambar
Gambar 8: Tutorial Menggambar Bebatuan (Sumber: Pinterest)

Bebatuan, Objek yang Cukup Susah untuk Digambar
Gambar 9: Tutorial Menggambar Bebatuan (Sumber: Pinterest)

Bebatuan, Objek yang Cukup Susah untuk Digambar
Gambar 10: Tutorial Menggambar Bebatuan (Sumber: Pinterest)
Gambar 5 sampai 10 adalah beberapa tutorial menggambar bebatuan yang sudah berisi langkah-langkah dari bentuk dasar sampai hasil jadinya. Sangat beragam memang, karena tiap artist memiliki style menggambar bebatuan masing-masing. Kalian bisa mencobanya di rumah untuk latihan. Baik media digital maupun tradisional (menggunakan alat gambar) saya rasa bisa dipraktikkan. Semoga bisa bermanfaat.


Sekian info kali ini yang membahas tentang bebatuan dalam postingan yang berjudul "Bebatuan, Objek yang Cukup Susah untuk Digambar". Memang terlihat susah jika dilihat ya. Semua hal sulit membutuhkan latihan yang cukup agar kita bisa menguasainya. Berlatih setahap demi setahap dan rutin maka mimin rasa kalian akan bisa menguasainya suatu saat.

Semoga tutorial dan referensi tentang gambar bebatuan di atas bisa bermanfaat untuk kita semua yang sedang belajar dan mengasah skill menggambar. Jangan lupa ikuti terus blog blahbloh.com karena kami akan selalu update dengan berbagai informasi tentang alat gambar, tips dan tutorial menggambar, info tentang anime, dan info-info menarik lainnya seputar anime dan manga. 

Terima kasih atas perhatian teman-teman sekalian dan sampai jumpa dengan mimin di postingan lainnya di lain waktu.

Belum ada Komentar untuk "Tips Menggambar Bebatuan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel