Tips Mengatasi Art Block


Tips Mengatasi Art Block

Halo teman-teman pembaca setia Marupen. Semoga selalu dalam keadaan sehat dan bahagia ya. Kali ini mimin mau bahas hal yang sering dialami para artist dan dianggap sangat merugikan untuk mereka. Apakah itu? Hal menyebalkan tersebut adalah Art Block.

Art Block itu apaan sih? Art Block adalah suatu keadaan yang sering dialami para artist di mana mereka yang biasanya menghabiskan kesehariannya untuk membuat gambar atau ilustrasi tiba-tiba kehilangan inspirasi, mood, dan semangat untuk menggambar. Art Block cenderung membuat para artist kehilangan mood dan semangat untuk melakukan hal apapun yang berhubungan dengan menggambar atau membuat ilustrasi. 

Menurut beberapa sumber hal itu terjadi karena beragam hal, antara lain karena kelelahan, motivasi yang kurang untuk menggambar, gambar terakhir mereka membutuhkan dan menghabiskan banyak sekali tenaga dan inspirasi, dan alasan-alasan lain yang tiap artis berbeda-beda penyebabnya. Nah lhoh, kalau sudah begini akan menjadi masalah untuk mereka, apalagi untuk para artist yang menjadikan menggambar menjadi pekerjaan utama seperti ilustrator, komikus, pelukis, dan pekerjaan-pekerjaan lain yang berhubungan dengan menggambar akan sangat terganggu dengan keadaan ini.

Jujur saja mimin juga pernah merasakan masa-masa Art Block hahaha. Sebagai hobi, menggambar sangat menyenangkan untuk mimin (sesekali juga menghasilkan uang sih hehehe). Tetapi sekalinya kena art block bisa berhari-hari bahkan berminggu-minggu mimin tidak menggambar sama sekali. Ketika ingin memulai membuat gambar rasanya malas saja, tidak ada inspirasi dan motivasi. Sangat menyusahkan ya, efeknya bisa berlangsung hingga cukup lama.

Setelah searching info dari beberapa website, bertanya pengalaman teman, dan mengaitkan dengan pengalaman pribadi, mimin sudah mengumpulkan beberapa tips atau cara yang mungkin bisa mengurangi artblock kalian. Mungkin tidak semuanya ampuh sih, tetapi apa salahnya untuk dicoba. Siapa tahu dari beberapa tips berikut ada yang cocok dengan kalian. 

Baiklah langsung saja kita bahas beberapa tips mengatasi Art Block yang tiba-tiba datang. Check it out!! 
  • Tips 1: Beristirahat. Baik Istirahat Fisik maupun Pikiran
Tips Mengatasi Art Block

Ini adalah tips yang pertama yaitu beristirahat. Art block mungkin menjadi sinyal tubuh bahwa kita butuh istirahat baik secara fisik maupun pikiran. Sebelum art block menjadi berkepanjangan, lakukan istirahat yang benar-benar maksimal mungkin satu sampai dua hari dengan melakukan hal lain yang kita sukai dan meninggalkan hal-hal yang berhubungan dengan menggambar atau hal -hal lain yang bisa membuat kita stress. Dengan begitu mungkin bisa mengurangi masa art block kita dan bisa kembali menggambar dengan inspirasi dan motivasi tinggi. hehe.
  • Tips 2: Mencari Inspirasi dari Web Sharing Gambar
Tips Mengatasi Art Block

Cara ini sering saya praktikkan hahaha. Buanyak sekali web sharing yang berisi karya-karya artist-artist terkenal baik dari Indonesia maupun dari seluruh dunia. Beberapa web tersebut (yang sudah terkenal) seperti Instagram, Pixiv, Deviantart, Pinterest, dan website-website lainnya. Karena art block salah satunya menyebabkan kita kurang inspirasi dan ide untuk menggambar, mungkin dengan kita melihat karya-karya profesional para artist di web-web yang saya sebutkan tadi bisa membuat kita terinspirasi dan menemukan ide-ide baru untuk karya kita selanjutnya. Silakan dicoba yak.
  • Tips 3: Liburan!!
Tips Mengatasi Art Block

Tips selanjutnya untuk menghilangkan atau mengurangi Art Block adalah dengan liburan. Mungkin ini juga salah satu bentuk istirahat yang bisa kita terapkan untuk melupakan beban-beban pikiran yang sedang kita alami kala itu. Mungkin dengan kita liburan akan sedikit merindukan untuk memegang alat gambar dan kertas dan tidak sabar untuk menggambar lagi (hehe mungkin saja kan).
  • Tips 4: Cari Hal-Hal yang Bisa Meningkatkan Mood
Tips Mengatasi Art Block
 
Hmmm kalau tips ini bersifat fleksibel sih, bisa apa saja tergantung masing-masing orang. Biasanya ketika hobi menggambar yang biasanya bisa meningkatkan mood menjadi sumber yang kita membuat kita malas (hahaha), harus kita atasi dengan moodbooster lainnya. Misalkan kita jalan-jalan dengan teman, berjalan-jalan di taman, membaca buku, menonton film, atau sekedar mendengarkan musik sambil tiduran pun bisa saja dilakukan asal bisa meningkatkan mood kita. Dengan mood yang kembali baik, tidak mustahil juga bisa berimbas pada mood menggambar kita.
  • Tips 5: Buat Target
Tips Mengatasi Art Block

Kalau untuk tips yang ini mengandung unsur paksaan sedikit ya hahaha. Membuat target. Mungkin tidak banyak yang melakukan ini (kecuali artist profesional) karena kita harus berkomitmen untuk membuat target dan melaksanakan target tersebut secara disiplin agar mood kita bisa teratur. Misalkan kita membuat target dalam seminggu kita harus membuat tiga karya. Dengan target tersebut, sedikit banyak mungkin bisa mengatur artblock kita agar lebih bisa terkendali karena kita bisa beristirahat disela-sela melaksanakan target tersebut.
  • Tips 6: Mengubah Mindset Menggambar dari Hobi Menjadi Pekerjaan
Tips Mengatasi Art Block
Kalau ini unsur paksaannya cukup keras. Tips ini berlaku bagi artist baik yang profesional atau yang baru menggunakan menggambar untuk menjadi sumber penghasilan utama. Mengubah mindset hobi menjadi pekerjaan. Kalau hobi kita bisa lakukan atau tidak lakukan kapan saja dan tidak berimbas pada keuangan, kalau pekerjaan kita melakukan hal tersebut dan kalau tidak melakukannya kita tidak bisa hidup atau tidak bisa menghasilkan untuk hidup keesokan harinya(misalkan seperti itu). Dengan begitu mau tidak mau kita akan menggambar baik dengan senang hati atau terpaksa (hahaha) karena itulah pekerjaan utama kita, bukan sekedar hobi.

Sekian dulu tips untuk kali ini ya. Semoga dari keenam tips tersebut ada yang cocok dengan kalian ya hehehe. Jangan sampai art block menghentikan kalian untuk berkarya. Semangat!!

Terima kasih atas perhatian teman-teman pembaca sekalian. Semoga info di atas bermanfaat untuk kita ya. Sampai jumpa dengan mimin di postingan mimin selanjutnya.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mengatasi Art Block"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel