Tips Bertahan Menjadi Komikus Webtoon


Tips Bertahan Menjadi Komikus Webtoon

Halo teman-teman pembaca blog blahbloh sekalian. Kembali lagi dengan mimin buat bahas dunia perkomikan. Kali ini mimin mau bahas tentang Webtoon dan cara "bertahan" di sana. Langsung saja kita bahas ya.

Dunia perkomikan di dunia terutama di Indonesia mimin lihat mulai maju dengan munculnya banyak komikus-komikus profesional dari berbagai kalangan, baik dari anak muda sampai orang dewasa yang sudah berkeluarga. Tidak sedikit juga kepopuleran komikus-komikus tersebut merupakan hasil dari salah satu dari banyaknya website penyedia jasa komik online. Di Indonesia sendiri cukup banyak beberapa website sebagai platform untuk mengupload komik digital para komikus. Beberapa website tersebut yaitu, Webtoon, Ciayo, Webcomic, Mangamon, dll. Untuk kali ini mimin bakal bahas sedikit tentang Webtoon sekalian berbagi pengalaman mimin yang pernah submit komik mimin di sana hehehe.

Webtoon adalah salah satu platform besutan LINE yang bertujuan agar para komikus amatir maupun profesional bisa mengupload komik digital mereka untuk bisa dibaca oleh khalayak umum secara gratis. Selain mencari pengalaman, para komikus di sini juga mencari Nama (biar terkenal), dan bahkan bisa dijadikan untuk mencari uang juga lho.

Meskipun dengan segala kemudahannya, kepopuleran webtoon tidak serta merta membuat para komikus (amatiran terutama) menjadi mudah untuk mendapatkan pembaca, apalagi pembaca tetap. Bukan cuma dari kualitas menggambar si komikus saja tetapi ada berbagai faktor juga. Nah waktunya mimin bahas beberapa faktor lainnya sekalian curhat hahaha.

Tahilalats

KUALITAS GAMBAR tidak selalu menentukan.
Banyak kreator webtoon yang memiliki kualitas gambar yang benar-benar bagus. Namun banyak juga yang nekat mengupload karya mereka dengan kualitas gambar komik mereka yang (mohon maaf) biasa saja bahkan kurang. Tetapi menurut mimin tidak semua yang jelek itu kalah pamor. Contoh saja komik "Tahilalats". Dengan style gambar seperti itu Tahilalats mampu bertahan sampai sekarang dan menjadi komik komedi terbaik dari Indonesia. 

Mungkin di sini mimin mau menekankan untuk bagisn style gambar. Cari style gambar yang sesuai denganmu, tidak harus bagus banget, setidaknya style yang "berbeda" tetapi masih bisa diterima para pembaca, dan satu lagi, ketika kalian sudah mendapat respon positif (dari pembaca di medsos mungkin) dengan style itu, konsisten dengan style tersebut. Jangan tergiur untuk ganti style, karena pembaca akan meragukan keprofesionalan komik kita soalnya style saja tidak konsisten.

JALAN CERITA yang disukai banyak orang atau yang kamu sukai?
Nah untuk jalan cerita atau tema komikmu, mimin membuat dua pilihan yang masing-masing mempunyai positif negatifnya. 

Yang pertama jalan cerita yang disukai banyak orang. Dengan jalan cerita yang disukai banyak orang (dengan kualitas gambar yang cukup mumpuni tentunya), kalian akan mudah untuk menarik minat para pembaca, saya bisa bilang cerita yang paling disukai kebanyakan orang adarah romance, komedi, dan horor. Sisi negatifnya adalah dengan banyaknya komik genre tersebut yang sudah populer terlebih dahulu, membuat kalian mendapat saingan dari para profesional (semua genre juga seperti itu sih). Dengan intensitas lebih kuat, kalian harus bisa bersaing dengan mereka sang mastah2. Apalagi jika kalian tidak terlalu suka dengan genre komik seperti itu tetapi tetap memaksakan komikmu untuk menyesuaikan selera para pembaca, kemungkinanmu untuk bertahan mungkin kecil.
  
Kedua jalan cerita yang kamu sukai. Dengan jalan cerita yang kamu sukai, bisa dipastikan kalian akan semangat untuk membuat komik, yaaa karena kalian suka dengan genrenya. Kalian akan lebih konsisten update komik. Resikonya, kemungkinan tidak banyak yang akan suka dengan genre tersebut. Yaa karena genre komik kalian berbeda dari kebanyakan genre yang populer. Tetapi beda cerita kalau kalian memiliki selera yang sama dengan pembaca kebanyakan. hahaha

SINOPSIS CERITA yang bikin penasaran
Mungkin ini tidak terlalu utama sih, soalnya para pembaca seringnya melihat thumbnail komik kemudian langsung membaca episode satu dari komik tersebut. Tetapi banyak juga kok yang membaca sinopsisnya dulu. Jadi elemen ini juga perlu diperhatikan untuk menarik pembaca agar melihat seperti apa sih komiknya.

PANEL KOMIK yang tidak membosankan
Hal ini juga penting lho, Karena format komik webtoon adalah memanjang ke bawah, maka dari itu tidak bisa disamakan dengan komik cetak pada umumnya. Memang susah susah gampang sih ya. Biasanya satu ukuran A4 berisi beberapa panel saja (1-4 atau 5 panel). Hal itu bertujuan agar menghindari ketidakstabilan antar halaman komik, misal satu halaman paneh penuh kemudian panel selanjutnya terkesan kosong dan sepi. Selain itu kita juga harus pintar-pintar membuat panel, entah itu standar berbentuk kotak dengan frame, atau kotak yang tidak simetris, atau mungkin tanpa frame, hal-hal itu cukup susah, tetapi imbasnya para pembaca jadi tidak mudah bosan ketika membaca komik kita.

Webtoon

CERITA yang SUSAH DITEBAK
Wah untuk yang ini benar-benar suatu tantangan untuk komikusnya. Mengambangkan cerita yang unik (meskipun dengan genre yang sama atau umum) merupakan salah satu "senjata ampuh" yang mampu membuat orang betah dan penasaran untuk membahas komik kita. Jadi mereka bisa tidak sabar untuk membaca kelanjutannya dan membuat mereka menjadi pembaca tetap komik kita.

CERITA YANG PANJANG lebih disukai
Ini yang mungkin salah satu hal yang susah ya, terutama komikus pemula. Karena tuntutan pembaca memang kadang menyiksa dan aneh-aneh hahaha. Mimin pernah dapat komentar seperti ini "bang kurang panjang ceritanya, masak satu episodenya cuma segitu aja. Kurang puas". Itu termasuk respon positif lho, karen itu menunjukkan kalau pembaca suka dengan cerita kita dan ingin lebih dari segitu saja. Untuk genre komedi dan horor, mungkin cerita yang pendek di tiap episodenya tidak terlalu ada masalah, tetapi untuk genre romance, fantasi, dan petualangan akan sangat membutuhkan cerita yang panjang di tiap episodenya. Tetapi semua kembali ke komikusnya sih, disesuaikan kesanggupan kalian saja. Kalau meladeni komentar semua pembaca mungkin kita akan kualahan juga hahaha.

KONSISTEN update komik.
Iya. Ini faktor yang sangat penting. Banyak pembaca yang mungkin tidak suka gambar komiknya tetapi suka ceritanya, begitupun sebaliknya. Dengan salah satu dari elemen itu saja sudah cukup untuk menarik pembaca, asalkan dibarengi dengan rutin update. Jadi pembaca tidak akan kabur. (ini salah satu faktor kegagalan mimin buat bertahan d webtoon, jarang update, sekarang udah gak diterusin hueee)

JADWALKAN waktu terbit episode komik kita
Nah untuk tips ini berdampingan denga tips sebelumnya. Selain konsisten, akan lebih baik jika kita memiliki jadwal tetap kapan komik kita update. Mungkin bisa dua minggu sekali, atau mungkin seminggu sekali (kalau komik kita cukup pendek). Dengan begitu para pembaca akan tahu kapan tepatnya update komik kita karena ada jadwal yang sudah kita buat, yang tentunya harus dibarengi dengan disiplin melaksanakan jadwal tersebut.

Jangan sombong untuk MENJAWAB KOMENTAR pembaca
Tips yang terakhir dari mimin nih. Kalau ini sih subjektif ya dari pandangan mimin sendiri. Karena kita sebagai komikus amatir yang baru upload pastinya tidak akan banyak yang berkomentar. Jadi sekalinya ada komentar, entah itu positif atau negatif, jawablah dengan sopan dan rendah hati. Selain menunjukkan pribadi komikusnya yang baik, bisa dijadikan alat juga untuk silaturahmi agar pembaca tersebut balik lagi membaca update an baru komik kita kelak.


Nah, segitu saja beberapa saran dari mimin. Entah tujuan kita untuk berlatih ngomik, mencari pengalaman, menjadi terkenal, atau untuk mendapatkan dui dari Webtoon, pastikan semua tips di atas tetap dilaksanakan karena masih amatir atau sudah terkenal, semua elemen yang saya sebutkan di atas mimin yakin dan percaya masih sangat dibutuh kan untuk kemajuan komik kita.

Sekian postingan mimin kali ini tentang bagaimana cara bertahan di Webtoon. Semoga bermanfaat untuk kita semua ya. 

Jangan lupa untuk terus ikuti blog blahbloh ya, karena akan selalu ada banyak info-info menarik seputar komik dan tutorialnya, anime, game, dan info menarik lainnya yang bakal mimin update terus. Terima kasih atas perhatian kalian semua dan sampai jumpa dengan mimin di postingan lainnya.

Belum ada Komentar untuk "Tips Bertahan Menjadi Komikus Webtoon"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel