Teori tentang Warna Panas dan Dingin


Teori tentang Warna Panas dan Dingin

Teori tentang Warna Panas dan Dingin

Halo teman-teman semuanya di manapun kalian berada. Semoga sehat selalu dan masih semangat untuk belajar tentang gambar-menggambar yak. Kali ini mimin dapat teori menarik tentang Warna. Untuk yang berkuliah atau pernah belajar seni rupa pasti sudah tidak asing dengan warna panas dan dingin, jadi yang belum tahu apa maksudnya warna panas dan dingin yuk merapat karena mimin akan membahasnya pada postingan kali ini yang berjudul "Teori tentang Warna Panas dan Dingin"

Pernahkah kalian ketika melihat gunung dan langit biru merasa sejuk dan damai, atau melihat bunga matahari merasa lebih hangat. Mungkin memang tidak semua orang bisa merasakannya ya, tetapi bagi yang merasakannya itu bisa dikaitkan dengan psikologi warna itu sendiri yang bisa mempengaruhi perasaan manusia (weh?), warna yang hangat seperti kuning dan merah, atau warna yang sejuk yaitu biru dan hijau. Tetapi selain itu ada beberapa warna lain yang masuk kategori warna panas dan warna dingin lho.

Seperti yang kita ketahui banyaaak sekali kombinasi-kombinasi warna yang mampu dilihat manusia di muka bumi ini mulai dari yang paling terang sampai yang paling gelap. Warna-warna tersebut bisa dikelompok-kelompokkan menjadi kategori-kategori tertentu. Salah satu pengkategorian yang cukup umum adalah kelompok warna Panas atau Hangat dan warna Dingin atau Sejuk. Apa maksudnya? Mari kita bahas lebih lanjut.


Warna Panas atau Hangat
Warna Panas atau Hangat adalah kelompok warna yang secara psikologis menurut pandangan manusia berkesan hangat atau panas. Selain itu warna ini juga bisa disimbolkan sebagai semangat dan keceriaan. Warna-warna yang dimaksud adalah tentu saja warna seperti dalam api dan warna cahaya, jadi sekitar warna merah sampai kuning.

Berikut beberapa objek yang memiliki warna Panas atau Hangat:

Teori tentang Warna Panas dan Dingin
Gambar 1: Contoh objek warna hangat atau panas (Sumber: Google)
Teori tentang Warna Panas dan Dingin
Gambar 2: Contoh objek warna hangat atau panas (Sumber: Google)

Teori tentang Warna Panas dan Dingin
Gambar 3: Contoh objek warna hangat atau panas (Sumber: Google)


Warna Dingin atau Sejuk
Warna Dingin atau Sejuk adalah kelompok warna yang secara sederhana melambangkan kesejukan, ketenangan, dan kedamaian. Dalam roda warna sendiri tentu bertolak belakang dengan warna panas. Beberapa benda dengan warna dingin seperti air, daun, dll yang memiliki range warna dari Hijau sampai ungu.

Berikut beberapa contoh benda yang memiliki warna dingin atau sejuk:
Teori tentang Warna Panas dan Dingin
Gambar 4: Contoh objek warna sejuk atau dingin (Sumber: Google)

Teori tentang Warna Panas dan Dingin
Gambar 5: Contoh objek warna sejuk atau dingin (Sumber: Google)

Teori tentang Warna Panas dan Dingin
Gambar 6: Contoh objek warna sejuk atau dingin (Sumber: Google)

Untuk lebih jelasnya, berikut ada beberapa skema warna yang secara cukup spesifik membedakan antara warna dingin atau sejuk dan warna panas atau hangat.

Teori tentang Warna Panas dan Dingin
Gambar 7: Roda warna panas atau dingin (Sumber: Google)

Dari gambar di atas, sudah terlihat jelas bahwa warna hangat adalah warna yang terdiri dari warna merah (red) sampai hijau kekuning-kuningan (Y-G) sedangkan warna sejuk atau dingin adalah warna yang terdiri dari warna hijau (green) sampai Ungu kemerah-merahan (R-P).

Pengaplikasian ke Gambar Kita
Cara mengaplikasikan warna dingin atau warna panas ke gambar yang akan kita buat yaitu ketika kita selesai membuat lineart atau outline gambar kita dan kita siap mewarnainya, jika ingin gambar kita terlihat hangat gunakan warna-warna dominan merah sampai hijau kekuning-kuningan (seperti di roda warna sebelumnya) untuk menetralkan gambar mungkin bisa digunakan sedikit warna dingin sebagai warna  penetral, begitupun sebaliknya jika kita menginginkan gambar kita memiliki kesan adem pilihlah dominan warna dingin untuk memberikan kesan tersebut dan jika ingin penetralan gunakan sedikit warna hangat.

Berikut beberapa contoh gambar dari pinterest yang memiliki warna hangat dan dingin:

Teori tentang Warna Panas dan Dingin
Gambar 8: Contoh pengaplikasian warna hangat (atas) dan dingin (bawah) pada gambar (Sumber: Pinterest)

Teori tentang Warna Panas dan Dingin
Gambar 9: Contoh pengaplikasian warna hangat atau panas pada gambar (Sumber: Pinterest)

Teori tentang Warna Panas dan Dingin
Gambar 10: Contoh pengaplikasian warna dingin atau sejuk pada gambar (Sumber: Pinterest)

Nah dari teori warna hangat dan warna sejuk di atas kita bisa mulai mengaplikasikan "perasaan" pada gambar kita, entah itu perasaan damai dengan warna-warna dingin atau perasaan semangat dengan warna-warna hangat. Lumayan bukan, bisa nambah teori baru tentang pewarnaan kita jadi kita tidak asal pilih warna tabrak lari antar warna hahahaha

Sekian dulu ya postingan kali ini yang membahas tentang "Teori tentang Warna Panas dan Dingin". Semoga postingan dari mimin kali ini bermanfaat untuk kalian dan bisa menjadi pencerahan baru tentang pewarnaan. Semangat terus untuk belajar yaaaa!!!

Oh iya jangan lupa ikuti terus blog blahbloh.com karena kami akan selalu update dengan info-info menarik tentang anime, game, tips dan trik menggambar, tutorial dan referensi menggambar, dan lain sebagainya yang pastinya akan bermanfaat untuk meningkatkan skill menggambar kalian yak. Terima kasih atas perhatiannya dan sampai jumpa di postingan mimin selanjutnyaa!


Belum ada Komentar untuk "Teori tentang Warna Panas dan Dingin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel