Software Membuat Komik Secara Digital


software membuat komik

Pada artikel sebelumnya, kita pernah membahas tentang bagus mana sih antara membuat komik dengan cara tradisional atau secara digital, yang berujung pada kesimpulan, semua tergantung kebiasaan si komikus, enaknya pakai yang mana.

Nah, kali ini mimin perkenalkan salah satu software komik yang sangat popular, yaitu Manga Studio, software yang masih saudara dengan Clip Studio Paint ini memang sangat mudah digunakan bahkan untuk orang awam sekalipun, asal mau belajar, saya sendiri menggunakan Clip Studio Paint, karena memang dapat gratis ketika membeli pentablet wacom versi manga, kenapa saya bilang saudaraan sama Manga Studio? ya karena dalamannya sama, cuma beda nama, jika di kawasan asia lebih mengenal Clip Paint Studio, maka di daerah barat sana lebih mengenal Manga Studio, tapi kalau masalah tutorial penggunaannya, memang lebih banyak yang mengshare tutorial penggunaan manga studio, tapi percayalah, karena sama, jadi bagi kalian pengguna Clip Paint Studio jangan khawatir, karena kalian juga bisa belajar dari tutorial Manga Studio tersebut.

Manga Studio
Manga Studio

Clip Paint Studio
Clip Paint Studio


Untuk menggunakan software Manga Studio ini, minimal spesifikasi komputer kalian  adalah sebagai berikut:
  • System Requirements
  • Windows® XP, Vista, 7, 8, 8.1 or 10
  • 2 GHz Intel® Pentium® 4 or equivalent
  • Does not work with 64 bit version of XP or Vista
  • Does not work with Windows RT
  • Compatible with 64 bit OS
  • 2 GB RAM recommended
  • 2 GB free hard disk space recommended
  • Graphic card with VRAM of 256MB or more and OpenGL 1.5 recommended


Lebih tinggi, lebih bagus, karena kalau kalian menggunakan komputer dengan spesifikasi yang minimal biasanya akan berakibat lag pada program, dan sumpah itu bikin kesal. apalagi pas lagi asyik-asyik gambar adegan seru.

Info penting lainnya, Clip Paint Studio sering buat diskon harga besar-besaran loh, hingga 70% kalian bisa pantengin web nya di sini http://www.clipstudio.net/en .

Untuk yang mau Manga Studio Versi bajakan bisa kesini, eitss. Tapi kalau ada uang sebaiknya kalian langsung beli yang aslinya, selain karena banyak updatenya seperti brush dan screentone, serta contoh-contoh background, dan juga model charanya, menggunakan software bajakan rentan terkena virus. Jadi mimin gak rekomendasiin, hehe.

Nih, dalaman dari software komik, Manga Studio dan Clip Paint Studionya

Manga Studio
Manga Studio

Manga Studio
Manga Studio

Clip Paint Studio
Clip Paint Studio

Sama aja kan, cuma yang Clip Paint Studio pada gambar tersebut memakai bahasa Jepang, karena di Jepang lebih terkanal Clip Paint Studio daripada Manga Studio, tapi yang versi bahasa Inggris juga ada kok, kayak punya mimin 💪

Sudah ya, segini dulu. Nanti kita lanjut lagi.

Belum ada Komentar untuk "Software Membuat Komik Secara Digital"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel