Skill Gambar Tidak Improve? Baca dulu Artikel Berikut Ini


Improve Skill

Halo teman-teman pembaca semuanya. Masih bersama mimin di postingan kali ini. Untuk kali ini mimin tidak akan membahas tips dan tutorial menggambar dulu ya. hehehe buat selingan bacaan. Tetapi saya jamin bacaan kali ini cukup menarik untuk kita bahas bersama. Mari kita bahas artikel kali ini.

Apakah kalian pernah merasa kalau gambar kalian tidak improve atau meningkat padahal sudah berlatih rutin hampir setiap hari? Hmmm Dulu saya sering merasakan hal ini, dan banyak teman-teman artist di media sosial saya rasa juga banyak yang merasakan hal yang sama. Menurut analisa saya, perasaan ini sering dialami terutama oleh artist-artist (mohon maaf) amatir yang baru serius terjun ke dunia gambar menggambar. Hal itu dikarenakan mereka cenderung ingin melihat hasil yang "segera" atau bisa dibilang "instan".

Kali ini mimin bakal berbagi pengalaman mimin (meskipun belum profesional gpp lah ya hehe) dan teman-teman artist di media sosial yang semoga bisa memberikan semangat dan inspirasi kepada kalian semua yang baru terjun ke dunia menggambar secara serius ini. Ada beberapa hal yang ingin mimin bahas. Tetapi mungkin artikel ini bakalan cukup panjang hahaha. Langsung saja ya Check it out.

MENGAPA DARI DULU SAMPAI SEKARANG GAMBAR SAYA SEGITU-GITU AJA?

Berapa tahun kalian berlatih menggambar secara "serius"? Satu tahun, dua tahun, atau tiga tahun. Yang mimin maksud dengan berlatih serius itu yang rutin hampir tiap hari menggambar dan melihat tutorial-tutorial atau mengikuti les gambar demi mengembangkan skill gambar kita. Dahulu mimin juga sering mengalami salah satu pertanyaan itu, ketika awal-awal mulai serius berlatih menggambar, dan hal itu bisa mimin katakan hal yang cukup wajar.

Di luaran sana banyak sekali artist profesional yang sudah melalui pahitnya berlatih menggambar. Bukan hanya satu atau dua tahun saja, bahkan ada yang sampai membutuhkan 10 tahun lamanya agar skill mereka benar-benar "MATANG". Coba lihat gambar di bawah.

Improve Skill
Sumber: Pinterest
Gambar di atas menunjukkan perbedaan gambar yang sangat pesat dari suatu gambar yang sama. Gambar pertama dibuat di tahun 2005 sedangkan gambar kedua dibuat di tahun 2017. Jangan salah, keduanya dibuat oleh artist yang sama lho. Artist tersebut membutuhkan setidaknya 12 tahun lamanya untuk mematangkan stylenya itu. Tentu bukan waktu yang sedikit ya. Kalian yang baru belajar setahun dua tahun apakah masih bisa mengeluh? Bukannya kasar atau bagaimana ya, niat dan usaha kalian untuk berlatih harus diperkuat dan ditempa berkali-kali agar kalian kelak bisa menjadi artist profesional (jika artist profesional adalah mimpi kalian), yaa hal ini berlaku untuk mimin juga sih hehehe.


SELAMA TERUS BERLATIH, SEDIKIT DEMI SEDIKIT SKILL AKAN BERKEMBANG

Hal ini mungkin cukup meragukan bagi yang belum merasakannya, tetapi artist-artist profesional benar-benar merasakan perbedaan setelah bertahun-tahun berlatih menggambar sedikit demi sedikit. Kita tidak bisa menuntut untuk berkembang dengan cara yang instan.
 
Berlatih dan terus berlatih, disertai doa, niat, belajar, dan semangat pasti skill kita akan meningkat. Dan kelak suatu saat ketika kita melihat kebelakang dan melihat gambar-gambar kita dahulu kita baru akan sadar bahwa kita sudah berkembang. Banyak yang akan mengatakan "Gambarku dulu jelek amat yak? hahaha" dengan tertawa miris dan agak sedikit geli (ahaha), itu adalah suatu pertanda bahwa dibandingkan yang dahulu, skill gambar kita yang sekarang  sudah berkembang. (dan rasa puas akan muncul hehe)


LAMANYA PERKEMBANGAN SKILL SETIAP ORANG BERBEDA-BEDA
 
Improve Skill
Sumber: Pinterest

"Gambarku kok lama banget berkembangnya ya? Temenku saja baru sebulan belajar sudah bagus banget". Apa kalian pernah berkata seperti itu? Tentu hampir setiap orang pernah membanding-bandingkan hasil gambar mereka dengan orang lain. 

Banyak hal yang bisa menjadi faktor lama atau sebentarnya seseorang dalam berkembang. Sama halnya seperti membaca sebuah buku. Ada yang bisa langsung memahami jalan cerita dalam sekali baca, ada pula yang harus membacanya berulang-ulang baru memahami alur cerita buku tersebut. Mungkin saran mimin adalah memaklumi hal tersebut dan tetap berusaha belajar dan meningkatkan skill kita. Seharusnya dengan membandingkan skill kita dengan yang lebih bagus membuat kita menjadi ciut, hal itu bisa kita jadikan cambuk semangat agar kita bisa lebih berkembang lagi. Semangat!!


ALAT YANG "MAHAL" BELUM TENTU MEMBUAT GAMBAR KITA BAGUS

Ada yang bilang, semakin mahal alat yang kita punyai semakin bagus pula gambar yang kita hasilkan. Kalau mimin sendiri sih kurang setuju ya. Statement yang mengatakan harga alat yang digunakan menentukan tingkat kebagusan gambar kita itu benar-benar kurang tepat. Yang menentukan kualitas hasil gambar kita itu ya skill yang dimiliki artist yang menggambar gambar tersebut (setuju kan?!) Hal itu karena selain banyak dari kita sejujurnya belum mampu untuk membeli alat-alat tersebut (termasuk mimin), banyak artist profesional di luar sana yang memiliki gambar yang super bagus hanya dengan alat-alat seadanya.

Improve Skill

Pernahkah kalian melihat berita di TV yang memberitakan tentang seorang seniman yang hanya menggunakan alat-alat sederhana seperti pensil, balpoin seribuan, spidol biasa, dll atau bahkan alat yang tidak lazim seperti ampas kopi, gedebong pisang, obat nyamuk, dll..? Beliau-beliau tersebut menghasilkan mahakarya yang bagus dengan alat-alat yang murah bahkan gratis. Apa yang menjadikan gambar mereka bagus? Apakah alat yang berharga jutaan itu? Bukan. Mereka memiliki skill, imajinasi, dan kreatifitas yang sangat bagus.

"Berarti apakah alat yang mahal itu tidak bagus?" Eits, mimin tidak bilang begitu sih. Mengapa alat-alat tersebut mahal? Itu karena kualitas alatnya yang bagus. Jadi alat yang bagus bisa menunjang gambar seseorang JIKA orang tersebut pun memiliki skill menggambar yang mumpuni. Jadi sebelum membeli alat yang mahal itu, tingkatkan dulu skill menggambar kita, baru setelah dirasa mumpuni secara bertahap tingkatkan alat menggambar kita menjadi yang agak lebih bagus kualitasnya. Seperti itu ya teman-teman hehe.


APAKAH BOLEH MENIRU GAMBAR UNTUK BERLATIH? 

Menurut mimin, meniru gambar yang sudah jadi atau artwork orang secara mentah-mentah dan menargetkan hasil yang sama dengan gambar yang kita tiru tidak terlalu membuat skill kita berkembang. Mengapa bisa begitu? 

Yang pertama. Karena kita menargetkan hal yang sama dengan gambar aslinya, jadi kita hanya meniru dan tidak ada usaha untuk mengembangkannya. Berbeda jika kita membuat gambar sendiri, kita akan berfikir, mencari inspirasi, dan berlatih untuk mendapatkan hasil gambar yang bagus, sehingga kita terlatih untuk mengembangkan inspirasi kita. Yang kedua yaitu kita jadi malas untuk berlatih karena yaaa gambar sudah ada di depan mata dan kita tinggal menirunya. (Hampir sama dengan yang pertama) Dengan membiasakan diri kita untuk menggambar sendiri, kita jadi terbiasa untuk berfikir dan mencari inspirasi sehingga skill gambar (dengan imajinasi kita sendiri) bisa lebih cepat berkembang.

Berbeda lagi ceritanya jika kita mencari referensi gambar, tips dan trik, serta tutorial yang melatih kita untuk menggambar langkah demi langkah. Dengan meniru langkah-langkah yang ada di referensi tutorial menggambar tersebut kita akan memiliki dasar yang bagus dan bisa tinggal mengembangkannya lebih jauh lagi, seperti tips dan tutorial yang ada di marupen.net ini hehehe.

JIKA MAU, IKUTI JUGA LES MENGGAMBAR BERBAYAR

Improve Skill


Banyak dari kita berfikir, "Buat apa ambil les menggambar? Tutorial di google dan youtube kan sudah banyak. Tinggal diikuti" setelah itu banyak dari mereka berkata, "kok gambar saya lama improvenya ya? hmmm". Menurut analisa mimin, alasan mereka berbicara seperti itu karena di Youtube (misalkan), video-video tutorialnya jarang untuk yang benar-benar masih pemula, kebanyakan malah tentang speed drawing (itu lho, menggambar suatu artwork tetapi waktunya dipercepat). Hal itu membuat mereka sulit untuk mengikuti dan beranggapan "Menggambar itu TIDAK butuh waktu lama. Jadi kalau gambar saya tidak bisa berkembang atau jadi dalam waktu cepat (seperti di video speed drawing) mungkin skill saya masih sangat kurang".

Hei! Itu video video aslinya pasti sampai dua atau tiga jam, video yang diupload itu sudah dipercepat berkali-kali sehingga hasil akhirnya jadi hanya beberapa menit saja. Kembali lagi, mereka yang menginginkan skill yang instan tanpa usaha yang lebih pasti akan memiliki rasa gampang menyerah. Memang tidak semua sih, tetapi mimin yakin ada dan cukup banyak orang seperti itu. Usaha lebih apa sih yang mimin maksud? Selain mencari tutorial sendiri di internet, bisa ditambah juga mengikuti les menggambar.

Kenapa harus ikut les menggambar? Dengan mengikuti les menggambar kalian mendapat sesuatu yang tidak akan kalian dapat di youtube maupun google, yaitu "Konsultasi Langsung dengan Guru Menggambar". Guru menggambar yang sudah lebih dahulu profesional bisa memberikan saran dan jawaban langsung kepada kita sesuai dengan materi yang kita butuhkan karena tidak semua (mungkin malah jarang sekali) artist di youtube yang sudah profesional itu akan menjawab setiap pertanyaan kita ketika kita belum mengerti tentang tutorial mereka.

"Pak, kok bagian ini saya belum bisa ya? Bagaimana caranya menggambar ini ya Bu?" Pertanyaan seperti akan bisa dijawab langsung dan diberikan tutorialnya secara live untuk kalian jika kalian mengikuti les menggambar. Yaaa meskipun banyak les menggambar biayanya cukup mahal, tetapi itu suatu harga yang setimpal untuk (istilahnya) memotong masa-masa belajar otodidak kita yang kita lakukan tanpa seorang guru menggambar. Jadi bisa dikatakan seperti jalan pintas yang sangat "layak" untuk diperjuangkan. Kurang lebih seperti itu pendapat mimin.


JANGAN MENYERAH JIKA MENGGAMBAR ADALAH PASSIONMU

Improve Skill
 
Bagi kalian, menggambar itu apa? Kegiatan mengisi waktu luang, sekedar hobi, Passion, atau bahkan mimpi yang sedang kalian perjuangkan untuk masa depan kalian? Jika jawaban kalian adalah kegiatan mengisi waktu luang dan sekedar hobi, saya persilakan kalian untuk menyerah sewaktu-waktu dan kembali melakukan hal tersebut ketika kalian sedang ingin menggambar. Tetapi jika jawaban kalian adalah passion dan mimpi yang sedang kalian perjuangkan, menyerah adalah suatu perbuatan yang menurut mimin bisa dibilang cukup "FATAL". Kenapa bisa begitu?

Perbedaan hobi dan passion (menurut mimin), jika sekedar hobi akan kita lakukan sewaktu-waktu karena kita sedang ingin menggambar hanya untuk kesenangan saja. Namun jika passion, kita melakukan hal tersebut selain kita senang melakukannya, ada target yang harus kita capai, misalkan meningkatkan skill secara berkala dengan berlatih, bahkan jika bisa malah menghasilkan uang. Jadi jika kita menyerah dengan passion kita, menggambar akan berakhir menjadi sekedar hobi dan skill kita akan lebih lambat untuk berkembang. Kurang lebih seperti itu pendapat mimin yak.


BANYAK BERSYUKUR KARENA DIBERIKAN BAKAT MENGGAMBAR

Terlepas dari menggambar yang menjadi sebuah hobi atau passion, sudah sepatutnya kita bersyukur karena kita memiliki bakat menggambar atau setidaknya bakat menggambar kita sudah terlihat. Banyak teman-teman mimin yang berkata seperti ini " Wah kamu keren ya bisa gambar kayak gitu". Mungkin beberapa dari kalian juga banyak yang mendapat pujian-pujian semacam itu.

Improve Skill

Banyak orang yang sangat ingin memiliki suatu skill yang bagus dan bisa dibilang unik, karena hal itu bisa membuat kita terasa beda dari yang lain (menurut mimin sih seperti itu hehe). Salah satu skill tersebut adalah bakat menggambar. "Pingin bisa menggambar kayak kamu juga" kalimat itu juga kadang terdengar dari teman-teman kita. Setidaknya seperti itulah hal yang bisa membuat mimin bersyukur.

Apa kalian pernah menggambar dan hasilnya menurut kalian sangat memuaskan sampai-sampai kalian bersyukur telah diberikan bakat menggambar dan bisa menghasilkan gambar sememuaskan itu. Nah, bersyukur membuat kita tetap rendah hati dan tidak sombong akan bakat menggambar kita.


Nah segitu aja ya artikel kali ini. Sudah terlalu banyak mimin curhat ke kalian hahaha. Semoga bisa memberikan inspirasi untuk kalian yang sedang galau dengan skill menggambar kalian yang rasanya tidak meningkat sama sekali. Tetap semangat untuk belajar menggambar ya.

Belum ada Komentar untuk "Skill Gambar Tidak Improve? Baca dulu Artikel Berikut Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel