Referensi Pose agar Karaktermu lebih Dinamis


Dinamis Pose

Halo teman-teman pembaca sekalian, kembali mimin di sini akan posting tentang tutorial dan referensi menggambar ya. Jika kita membuat gambar atau artwork yang melibatkan bentuk manusia, mau tidak mau kita harus menentukan pose yang bagus untuk gambar kita. Pose yang kaku bisa membuat gambar kita jadi kurang indah lho. Banyak sekali teman-teman artist atau drawer yang mengaku sangat kesulitan dalam menentukan dan membuat pose yang sesuai dengan keinginan mereka. Nah kali ini mimin mau berbagi referensi pose yang bagus buatan dari artist-artist di pinterest yang mengagumkan. Langsung saja di simak ya.

Pose adalah salah satu aspek penting yang mendukung keindahan gambar. Pose tubuh yang bagus mampu menunjang keindahan dan tingkat estetika gambar kita. Oleh karena itu, kita harus memperhatikan pose buatan kita agar gambar kita bisa sempurna.

Meskipun gambar yang akan kita buat bertema santai dan gambar kegiatan sehari-hari tetapi pose yang bagus dan natural harus bisa dibangun agar gambar tersebut tampak indah dan alami. Lebih dari itu, pose harus sangat diperhatikan bahkan menjadi poin utama jika kita menggambar karakter kita dalam tema aksi, misalnya berolah raga, menari bertarung, dan pose aksi lainnya yang membuat pose menjadi poin krusial.

Nah berikut mimin berhasil mengumpulkan beberapa referensi pose bagus yang bisa kalian pakai dan sesuaiakan untuk gambar kalian. Silakan dilihat-lihat

Dinamis Pose
Sumber: pinterest

Dinamis Pose
Sumber: pinterest

Dinamis Pose
Sumber: pinterest
Keterangan:
Tiga gambar di atas lebih ke gestur tangan daripada pose sih ya hehe. Tetapi tidak kalah pentingnya dari pose keseluruhan tubuh kok. Gestur tangan di atas mungkin jika dilihat sekilas memang simpel ya tetapi kalau dipraktikkan cukup susah lho. Sebenarnya hal yang membuatnya susah adalah bagaimana kita membuat gestur tersebut terlihat natural dan tidak kaku, karena salah sedikit saja gestur tangan itu akan menjadi kaku dan tidak natural lho. Jadi memang harus diperhatikan betul-betul arah pergelangan dan jari-jarinya, gerakan siku dan pundaknya, dll.


Dinamis Pose
Sumber: pinterest

Dinamis Pose
Sumber: pinterest

Dinamis Pose
Sumber: pinterest


Keterangan:
Beberapa gambar di atas berisi pose-pose dasar ketika berdiri, membungkuk, dan duduk. Cukup rumit ya, tetapi semua akan bisa pada waktunya jika dilatih terus kok. Poin utama menggambar pose adalah usahakan agar terlihat alami dan dinamis serta tidak kaku. Coba lihat gambar kedua yang berisi pose berdiri laki-laki meskipun laki-laki (yang notabene mempunyai pose-pose yang tidak terlalu variatif) tetapi semua referensi pose laki-laki di situ terlihat alami dan tidak kaku, jadi tetap bagus meskipun posenya gitu-gitu saja hahahaha.

Dinamis Pose
Sumber: pinterest

Dinamis Pose
Sumber: pinterest

Keterangan:
Nah, beberapa gambar referensi selanjutnya di atas berisi pose-pose aksi yang sangat dinamis ya. Jika diperhatikan dengan seksama ada berbagai macam pose aksi seperti pose olah raga (menendang, berlari, melompat), pose bertarung ( memukul, menendang, kuda-kuda), dan pose aksi lainnya. Semua pose tersebut terlihat dinamis dan natural dengan proporsi tubuh yang pas. Pose-pose inilah yang biasa menjadi poin tersusah dalam menggambar sebuah karakter terutama ketika sedang melakukan pertarungan. Hmmmm, harus berlatih lebih keras nih.

Dinamis Pose
Sumber: pinterest

Keterangan:
Gambar terakhir di atas yaitu berisi pose aksi dengan tambahan senjata ya. Seperti yang kalian lihat, senjata-senjata yang digunakan di atas antara lain pistol, toya atau tongkat, dan pedang. memang tidak semua pertarungan menggunakan senjata sih ya, tetapi lumayan biat referensi buat kalian yang mau menggambar pose bertarung dengan menggunakan senjata tambahan. hehehe


Sekian pembahasan mimin tentang pose di postingan kali ini ya. Semoga bisa menambah referensi kalian dalam menggambar dan bisa bermanfaat untuk meningkatkan skill gambar kalian ya. Jangan bosan berlatih karena bakat itu tidak datang dengan sendirinya. Akan sangat mubadzir jika kalian merasa suka dan mempunyai bakat menggambar tetapi tidak pernah dilatih.

Terima kasih atas perhatiannya dan sampai jumpa di postingan mimin selanjutnya.

Belum ada Komentar untuk "Referensi Pose agar Karaktermu lebih Dinamis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel