Referensi dan Tutorial Menggambar Beberapa Jenis Bunga


Ken Kaneki
Sumber: Pinterest

Halo teman-teman pembaca sekalian. Kembali lagi dengan mimin yang sekarang mulai sering membahas tutorial-tutorial menggambar. Apa kalian sudah membaca postingan-postingan mimin sebelumnya? Apa sudah dicoba tutorialnya? Semoga bisa bermanfaat ya. kali ini mimin bakal bahas lagi sebuah tutorial dengan fokus kali ini yaitu menggambar bunga. Langsung kita ke TKP yak.

Tentu banyak dari kalian akan beropini "Bunga? kan gampang buatnya. Tinggal dibikin kelopaknya sret sret sret jadi". EIIIITTTTS!! Tunggu dulu. Memang jika menggambar bunga yang standard menurutmu seperti itu, tetapi kualitas desain gambar bunga yang dibuat juga akan mempengaruhi gambar kita lho.

Bunga adalah salah satu komponen sejenis tanaman (tentu saja) yang cukup sering muncul untuk menghias gambar kita atau halaman komik yang sering kita baca. Genre komik yang sering menggunakan komponen berupa bunga tentu saja adalah komik shoujo bergenre romance. Yang mimin lihat, semakin detail gambar bunga yang digambar akan sangat menunjang suasana di komik atau gambar baik suasana sedih maupun romantis.

Beberapa bunga yang sering menghiasi manga-manga Jepang antara lain, Sakura, Cosmos, bunga Matahari, Lili, Mawar, dll. Penggunaan pilihan bunga yang tepat juga harus menyesuaikan dengan suasana yang ingin dibangun dalam gambar. Oleh karena itu, jangan menganggap remeh komponen penghias yang satu ini ya.

Agar gambar bunga kita terlihat bagus dan tidak berkesan "biasa saja", mari kita lihat beberapa referensi dan tutorial menggambar bunga berikut ini yak.

BUNGA MAWAR
Salah satu jenis bunga yang sering muncul dalam suatu halaman manga adalah bunga mawar. Bunga mawar yang memiliki ragam warna yang cukup banyak mempunyai makna sendiri-sendiri di tiap warnanya seperti, cinta, persahabatan, dll. Baik itu berupa kuncup, setengah mekar, ataupun mekar sempurna, mawar selalu memiliki pesonanya jika didampingkan dengan suatu gambar maupun scene pada komik.

Ciri khas bunga mawar yaitu memiliki kelopak yang banyak dan bisa dibilang cukup kompleks juga. Hal itulah yang membuat bunga mawar lumayan sulit untuk digambar dan mendapatkan detail yang pas. Berikut beberapa tutorial yang telah mimin rangkum. Semoga bisa membantu ya..
Tutorial Menggambar Bunga
Sumber: Pinterest

Tutorial Menggambar Bunga
Sumber: Pinterest

Tutorial Menggambar Bunga
Sumber: Pinterest

BUNGA MATAHARI
Bunga Matahari juga merupakan salah satu jenis bunga yang sering muncul. Padang bunga matahari yang cukup sering digambarkan di dalam anime maupun gambar komik terlihat sangat indah dan memberi kesan nyaman, damai, dan ceria. Ukuran bunganya yang cukup besar dan warna kuning cerahnya yang khas menjadi daya tarik sendiri yang bisa memanjakan mata. Dengan penggambaran yang pas, tentu saja akan meningkatkan suasana yang ingin dibangun oleh pembuatnya. Berikut tutorialnya.

Ciri khas bunga matahari yaitu diameternya yang besar dan memiliki banyak kelopak kecil yang memanjang. Untuk membuatnya, secara umum sih dibagi menjadi 2 layer kelopak bunga, tetapi bisa juga divariasikan sih agar terlihat lebih natural aja. Dengan begitu bunga matahari buatan kalian akan terlihat lebih bagus dan penuh dengan kelopak. Untuk jelasnya silakan lihat gambar di bawah.

Tutorial Menggambar Bunga
Sumber: Pinterest

Tutorial Menggambar Bunga
Sumber: Pinterest

BUNGA LILY
Bunga Lily adalah bunga yang sangat indah karena memiliki kelopak yang besar. Bunga lily yang sering muncul adalah lily putih. Lily dengan warna putih (biasanya dengan semburat hijau muda) memiliki pesonanya sendiri yang bisa membuat gambar kita lebih indah, unik, dan membri efek dramatis (menurut mimin sih gitu hehe).

Ciri khas utama lily yaitu memiliki 6 Kelopak utama yang besar dengan kepala putik dan beberapa benang sari yang cukup panjang di bagian tengah. Bentuknya sendiri mirip terompet dengan batang yang cukup panjang dan tebal. Untuk lebih jelasnya bagaimana cara membuatnya, langsung disimak saja yak.

Tutorial Menggambar Bunga
Sumber: Pinterest

Tutorial Menggambar Bunga
Sumber: Pinterest

BUNGA COSMOS
Bunga Cosmos juga cukup sering digunakan untuk mengisi beberapa scene di manga romance. Hampir mirip dengan bunga matahari, bunga Cosmos memiliki kelopak yang kecil memanjang, hanya saja ukuran diameter bunga Cosmos jauh lebih kecil dari bunga martahari.

Bunga Cosmos sering digambarkan tumbuh di pekarangan rumah, atau tumbuh secara besar-besaran di sebuah padang rumput di kaki gunung. Warna yang sering muncul adalah warna orange dan warna merah muda. Untuk lebih jelasnya, silakan lihat gambar di bawah.

Tutorial Menggambar Bunga
Sumber: Pinterest

BUNGA TULIP
Bunga yang satu ini khasnya dari Belanda ya, padahal di Jepang juga cukup lumayan banyak dibudidayakan lho, mungkin karena suhu dan cuacanya hampir sama kali yak. Bunga tulip memiliki berbagai ragam warna, mulai warna merah muda, ungu, orange, dan warna lainnya. Bunga tulip selalu tumbuh berkelompok seperti padang bunga, sehingga jika semua bunga mulai merekah pada musimnya akan terlihat sangat indah.

Ciri khas utama bunga tulip adalah batangnya yang pendek dengan kelopak bunga yang sedang. Bunga tulip tidak bisa merekah sempurna seperti matahari atau cosmos, jadi seolah-olah bunganya seperti menguncup. Untuk lebih jelasnya coba kita lihat tutorial di bawah ini.

Tutorial Menggambar Bunga
Sumber: Pinterest

Dengan berbagai referensi dan tutorial di atas, semoga bisa membantu kalian agar kalian bisa menggambar bunga lebih bagus dan indah agar bisa menunjang gambar kalian. Oh iya berikut ini juga ada beberapa referensi tambahan beberapa jenis bunga untuk kalian, seperti bunga teratai, poppy, lily calla, dan lainnya. Silakan dicek satu satu.

Tutorial Menggambar Bunga
Sumber: Pinterest

Tutorial Menggambar Bunga
Sumber: Pinterest


Tutorial Menggambar Bunga
Sumber: Pinterest
Tutorial Menggambar Bunga
Sumber: Pinterest

Tutorial Menggambar Bunga
Sumber: Pinterest
Nah, kurang lebih seperti itu ya beberapa referensi dan tutorial untuk menggambar bunga. Jadi, jangan menganggap remeh meskipun hanya gambar bunga. Gambar yang bagus dan pilihan bunga yang tepat akan membangun suasana gambar lebih indah dan membuat gambar jadi lebih hidup dan terkesan tidak sepi.

Sekian postingan mimin kali ini. Semoga bisa bermanfaat untuk perkembangan skill gambar kalian. Oh iya, jangan lupa ikuti terus blog blahbloh karena mimin akan update terus artikel-artikel menarik seputar anime, manga, tips, dan tutorial menggambar. Kita juga bakal membahas tentang anime dan referensi anime serta game yang bagus untuk emnambah wawasan dan koleksi anime kalian.

Terima kasih atas perhatian teman-teman pembaca sekalian dan sampai jumpa di postingan mimin selanjutnya.  

Belum ada Komentar untuk "Referensi dan Tutorial Menggambar Beberapa Jenis Bunga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel