Ragam Bentuk Badan, Bukan Hanya Kurus dan Gemuk Saja Lho


Ragam Bentuk Badan, Bukan Hanya Kurus dan Gemuk Saja Lho

Ragam Bentuk Badan, Bukan Hanya Kurus dan Gemuk Saja Lho

Halo haloooo teman-teman pembaca semuanyaa. Kembali lagi dengan mimin buat membahas tips dan referensi tentang menggambar. Untuk pembahasan kali ini, mimin mau mengulik sedikit tentang bentuk badan manusia yang bisa kalian jadikan referensi bagus untuk membangun karakter yang kalian gambar agar lebih beragam dalam postingan kali ini yang berjudul "Ragam Bentuk Badan, Bukan Hanya Kurus dan Gemuk Saja Lho". Nah langsung saja kita menuju ke TKP!! Silakaaan.

Bentuk badan adalah salah satu hal yang terkadang cukup diabaikan oleh para komikus muda atau artist amatir. Biasanya mereka akan membuat bentuk badan karakter yang mereka gambar dengan bentuk gemuk atau kurus (langsing) dan tinggi atau pendek saja. Tetapi sebenarnya cukup banyak bentuk badan yang seharusnya bisa kita jadikan "senjata" untuk membuat suatu karakter agar lebih original dan variatif lho.

Banyak yang berkata, "badan orang itu langsing banget kayak gitar spanyol" atau " badan orang itu kurus kayak tongkat". Iya, pada dasarnya bentuk badan lebih bervariasi dari pada hanya sekedar kurus, langsing, atau gemuk saja. nah kira-kira apa saja bentuk badan - bentuk badan yang normal dan bisa kita gunakan untuk karakter yang akan kita gambar? Mari disimak baik-baik dalam postingan kali ini yang berjudul "Ragam Bentuk Badan, Bukan Hanya Kurus dan Gemuk Saja Lho"

Ragam Bentuk Badan, Bukan Hanya Kurus dan Gemuk Saja Lho
Gambar 1: Bentuk badan relatif wanita berdasarkan umur (sumber: Pinterest)

Ragam Bentuk Badan, Bukan Hanya Kurus dan Gemuk Saja Lho
Gambar 2: Bentuk badan relatif laki-laki berdasarkan umur (sumber: Pinterest)

Keterangan:
Pada dasarnya tubuh manusia normal akan mengalami perubahan seiring berjalannya waktu sehingga dari perawakannya saja kita bisa mengira-ngira seberapa tua seseorang tersebut (meskipun terkadang juga perkiraan tersebut meleset). Tubuh anak-anak akan berkembang seiring bertambahnya umur menjadi remaja, kemudian berlanjut ke umur dewasa dan seterusnya.

Pada Gambar 1 dan Gambar 2 di atas menjelaskan tentang perbedaan dan pertumbuhan bentuk badan wanita dan laki-laki berdasarkan usia manusia pada umumnya seperti tubuh pada anak-anak sekitar umur 3 sampai 10 tahunan, dewasa sekitar umur 20 an ke atas sampai tua sekitar umur 30 tahun ke atas. Perbedaan yang paling terlihat adalah masa tubuh, tinggi badan, dan bagian payudara (untuk perempuan). Memang seiring berjalannya waktu tubuh akan mengalami perubahan seiring dengan bertambahnya usia manusia.

Ragam Bentuk Badan, Bukan Hanya Kurus dan Gemuk Saja Lho
Gambar 3: Bentuk badan laki-laki berdasarkan masa otot dan lemak :p (sumber: Pinterest)

Keterangan:
Nah pada Gambar 3 meemberikan keterangan secara jelas bentuk badan laki-laki yang dibedakan dengan massa otot dan juga banyaknya lemak. Kurang lebih seperti itulah gambar bentuk badan laki-laki yang kurus kering, kurus, agak buncit, gendut, berotot, dan berotot yang berisi. Sangat bisa dipahami ya dengan penggambaran yang jelas dan berbeda-beda.
  
Ragam Bentuk Badan, Bukan Hanya Kurus dan Gemuk Saja Lho
Gambar 4: Ragam bentuk tubuh langsing pada wanita (sumber: Pinterest)

Keterangan:
Banyak wanita mengidamkan tubuh langsing ya, hahaha.. begitupun berbagai karakter wanita yang sering kita temui pada anime dan komik. Kita akan lebih sering menemukan wanita langsing untuk karakter utama maupun pendukung pada anime atau komik (meskipun tidak selalu seperti itu).

Nah, langsing sendiri memiliki cukup banyak definisi bentuk badannya. Seperti pada Gambar 4 di atas, semua karakter di atas berbadan langsing. Tetapi ketika dilihat dalam bentuk sketsa ternyata antara satu karakter dengan karaker lain memiliki bentuk langsing yang berbeda-beda. hal itu bisa dilihat dari bentuk pundak, payudara, pinggang dan pahanya. (silakan dilihat secara teliti lagi yak, hehehe)
 
Ragam Bentuk Badan, Bukan Hanya Kurus dan Gemuk Saja Lho
Gambar 5: Ragam bentuk tubuh (sumber: Pinterest)

Keterangan:
Kebanyakan dari kita mungkin akan cenderung memilih untuk mengaplikasikan bentuk badan yang langsing, kurus, atau berotot untuk karakter utama yang kita gambar. Hal itu bisa disebabkan karena estetika, jalan cerita yang menjadikannya begitu, maupun faktor-faktor lainnya. Tetapi terlepas dari itu semua, untuk memberikan variasi pada cerita, kita akan membuat berbagai karakter figuran dengan bentuk yang variatif agar memberikan warna untuk komik atau cerita yang akan kita buat. Kalian bisa melihat dengan jelas pada anime-anime atau komik-komik dengan episode atau chapter yang sangat banyak seperti One Piece, Naruto, dan lain sebagainya.

Pada Gambar 5 dijelaskan dengan cukup jelas beberapa bentuk badan dengan perumpamaannya. beberapa di antaranya bentuk badan yang menyerupai jam pasir dengan ciri-ciri pundak dan pinggul memiliki lebar yang hampir sama dengan bentuk perut yang melengkung ke dalam (membentuk seperti jam pasir), bentuk badan seperti buah pear dengan bagian atas yang cenderung kecil dengan bentuk pinggang atau pinggul yang lebar, bentuk badan menyerupai tongkat yang dari atas sampai bawah badannya kurus, dan bentuk-bentuk lainnya.

-------------------------------------------------------------------------------------------

Nah, dari beberapa penjelasan di atas sekarang kita jadi lebih tahu tentang bentuk badan kan. Kalian bisa menggunakan bentuk badan di atas agar karakter-karakter dalam cerita kalian lebih unik, khas, dan bervariasi yak. Semoga bisa bermanfaat :)

Sekian pembahasan mimin kali ini tentang bentuk badan yang berjudul "Ragam Bentuk Badan, Bukan Hanya Kurus dan Gemuk Saja Lho". Jika ada komentar, kritik atau saran silakan tinggalkan komentar yak. Semoga bisa menambah wawasan kita tentang menggambar sebuah karakter yang lebih matang. Ikuti terus blahbloh.com karena akan ada lebih banyak lagi info menarik yang bisa menambah wawasan kita seputar anime, komik, dan dunia menggambar.

Belum ada Komentar untuk "Ragam Bentuk Badan, Bukan Hanya Kurus dan Gemuk Saja Lho"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel