Pilih Redraw, Fanart, atau Gambar OC Untuk Latihan?


Halo teman-teman semuanya. Apa kabar kalian? Semoga sehat selalu ya. Kalau kalian latihan menggambar, biasanya lebih sering redraw, fanart, atau menggambar OC atau karakter hasil imajinasi sendiri? Hmmm mimin yakin setiap orang berbeda-beda pendapat. Soalnya ini masalah selera juga sih ya. Tetapi kali ini mimin bakal bahas semuanya satu per satu dari kaca mata mimin ya.

Sebelumnya, mimin mau menjelaskan kalau di sini mimin akan menyampaikan pendapat mimin. Jadi, mohon maaf jika ada yang tersinggung karena artikel kali ini. Bukan apa-apa ya, soalnya banyak juga teman-teman sosmed yang (mohon maaf) agak skeptis dengan salah satu metode latihan gambar di atas. Yaaa, mimin di sini cuma berpendapat saja sekaligus sharing pengalaman, syukur kalau diterima kalau tidak ya tidak apa-apa, tidak usah rusuh hehehe.

Mimin bakal bahas satu per satu metode menggambar di atas dengan kelebihan dan kekurangannya. Semuanya adalah menurut pendapat subyektif dari mimin sendiri berdasarkan pengalaman mimin yang pernah melakukan semua metode tersebut beberapa kali.


REDRAW, Tidak Semudah Kelihatannya

Fanart, atau Gambar OC
Sumber: Google

Redraw adalah salah satu metode menggambar yang cukup sering dipakai untuk para drawer muda yang sedang mencari jati diri (read:style gambar). Redraw terdiri dari dua kata, "re" dan "draw" yang artinya menggambar kembali gambar jadi yang sudah ada. Jadi kita sudah menyiapkan gambar yang sudah jadi untuk digambar ulang di kertas atau media lain dengan target 100% sama dengan gambar aslinya. Biasanya, cara yang paling sering digunakan adalah memakai grid (memberi garis kotak-kotak agar lebih mudah menyesuaikan gambar per kotaknya). Namun metode atau teknik ini memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri, di antaranya yaitu: 

Kelebihan:

- Karena gambar referensi yang akan ditiru sudah ada, jadi kita hanya tinggal meniru semirip mungkin dengan gambar aslinya sehingga tidak perlu susah-susah mencari inspirasi pose, ekspresi, memilih warna, dll.
- Jika gambar referensi sangat bagus dan kita bisa menirunya, hasilnya juga akan cukup memuaskan sesuai dengan gambar aslinya.
- Jika kita bisa menganalisa teknik-teknik yang dipakai sang artist untuk menggambar gambar referensi redraw kita, maka akan bisa kita jadikan latihan yang sangat efektif untuk ke depannya.  

Kekurangan:

- Hrus pintar-pintar memilih gambar yang akan ditiru. Maksudnya, sesuaikan dengan sejauh apa skill menggambar kita. Karena target kita adalah gambar yang hampir mendekati sama dengan referensi aslinya. Belum tentu kita bisa meniru gambar-gambar para master di luar sana dengan kerumitan dan keunikannya masing-masing.
- Susah sebagai latihan untuk mengembangkan skill kita dalam berimajinasi. Karena redraw hanya meniru gambar yang sudah ada tanpa memikirkan berbagai hal lain di luar gambar tersebut membuat kita jadi jarang untuk membiasakan otak untuk berfikir mencari inspirasi dan menggambar hal yang benar-benar baru.
- Kurang puas aja. Karena gambar bukan hasil imajinasi sendiri, terkadang muncul rasa kurang puas hahaha.


FANART, Kombinasi antara Meniru dan Hasil Imajinasi  

Fanart, atau Gambar OC
Sumber: Google

Fanart berasal dari kata "fan" dan "art" yang artinya yaitu gambar yang dibuat oleh penggemar. Jadi misalnya seperti ini, kita ngefans dengan karakter Naruto, kemudian kita menggambar Naruto dengan style kita sendiri sekreatif mungkin tanpa meninggalkan ciri khas utama karakter tersebut. Oleh karena itulah, metode atau teknik ini mimin sebut kombinasi antara meniru dan hasil imajinasi. Metode latihan menggambar ini juga memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri. 

Kelebihan:

- Bisa melatih imajinasi meskipun menggunakan karakter yang sudah ada. Hal itu dikarenakan kita membubuhi karakter tersebut menggunakan berbagai hal sesuai keinginan kita, jadi tidak 100% sama dengan karakter itu.
- Kita bisa menyesuaikan karakter yang sudah kita pilih dengan style gambar kita, sehingga kita bisa mengeksplor style kita yang diterapkan pada karakter tersebut. 

Kekurangan:

- Karena kita meniru suatu karakter, jadi kita harus menemukan ciri khas karakter tersebut sehingga ketika diubah seperti apapun orang-orang masih bisa mengenali karakter itu. Hal ini yang sering membuat orang kesusahan.
- Tidak semua style bisa cocok untuk setiap karakter. Yaaaa memang kita harus pintar-pintar menyesuaikan style kita dengan karakter tersebut ya. 


Menggambar OC Sendiri Memang Menyenangkan, Tetapi... 

Fanart, atau Gambar OC
Sumber: Pinterest
OC adalah singkatan dari Original Character, jadi suatu karakter hasil kreasi kita sendiri. Entah menggambar OC resmi (maksudnya karakter beserta deskripsi dan info pribadi si karakter) atau pun karakter hasil mengarang tanpa info pribadi bisa menjadi alternatif berlatih menggambar yang cukup menyenangkan. Meskipun begitu, menggambar OC sendiri juga memiliki kelebihan dan kekurangan dan juga tantangan yang harus dihadapi. Mengapa bisa begitu? Berikut penjelasannya:

Kelebihan:

- Membiasakan otak kita untuk mencari inspirasi baik itu gaya, karakteristik, warna, dll. Karena gambar memang hasil imajinasi kita jadi yaa sering-sering melakukan metode ini bisa melatih kita untuk terbiasa berimajinasi dan berkreatifitas untuk gambar kita.
- Karena hasil imajinasi sendiri, jika hasil gambar sesuai harapan ada kepuasan tersendiri yang muncul daripada hanya sekedar redraw.
- Peningkatan skill menggambar lebih cepat bila diimbangi dengan berlatih tutorial-tutorial.

Kekurangan:

- Tentu saja lebih susah. Karena kita menggambar tanpa gambar yang ditiru menuntut kita harus lebih bekerja keras untuk mencari inspirasi dan ide yang bagus untuk gambar kita.
- Rawan kesalahan. Mengapa bisa seperti itu? Terutama untuk kalian yang menggambar secara tradisional. Karena biasanya pewarnaan tradisional tidak bisa dihapus membuat ide yang kita tuangkan harus benar-benar tepat sasaran agar hasil yang diinginkan bisa maksimal.


Nah dari beberapa metode atau teknik menggambar di atas, kalian biasanya sering melakukan yang mana? Menurut kalian mana yang lebih bagus? Masing-masing memiliki kelebihan, kekurangan, tantangan, dan kesenangannya sendiri-sendiri. Apapun teknik atau metode yang kalian terapkan, entah redraw, fanart, ataupun menggambar OC sendiri selama dilakukan secara rutin dan disertai belajar teknik-tekniknya pasti cepat atau lambat skill menggambar kalian akan meningkat seiring berjalannya waktu.

Sekian dulu untuk artikel kali ini ya, semoga bisa menginspirasi teman-teman pembaca sekalian. Jangan lupa ikuti terus marupen.net karena banyak sekali info-info menarik seputar anime, manga, inspirasi, tips dan trik serta tutorial menggambar yang akan selalu diupdate untuk menambah ilmu dan referensi kalian untuk meningkatkan skill menggambar kalian.

Terima kasih untuk perhatian teman-teman semuanya dan sampai jumpa lagi dengan mimin di postingan mimin lainnya.

Belum ada Komentar untuk "Pilih Redraw, Fanart, atau Gambar OC Untuk Latihan?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel