Kombinasi Copic Untuk Warna Kulit Beserta Bayangannya


Kombinasi Warna Kulit

Halo teman-teman pembaca blog blahbloh semuanya di manapun kalian berada. Semoga sehat selalu dan tetap semangat untuk belajar menggambar ya. kali ini mimin mau bahas copic lagi nih. Untuk kali ini mimin bakal fokuskan lagi ke pewarnaan kulit karena banyak sekali style warna kulit dan mungkin banyak dari kita juga yang masih kesusahan mewarnai warna kulit.

Kali ini mimin bakal menjelaskan ulasan salah seorang artist yang menggunakan copic. Artikel ini bersumber dari ilikemarkers.blogspot.com yang membahas tentang tutorial mewarnai kulit.

Sering mimin menemukan beberapa pertanyaan di grup-grup menggambar tentang kode copic untuk warna kulit (yaaa karena dengan ketersediaan warna copic yang super lengkap). Dan dari pertanyaan itu ada 2 jawaban umum yang sering mimin lihat.
Jawaban pertama: kode warna E00
Jawaban kedua: Bergantung. Iya, soalnya kulit orang-orang di dunia berbeda-beda warnanya (bukan bermaksud rasis ya). Tiap negara memiliki tipe warna kulit masing-masing, apakah itu sawo matang, putih merona, putih pucat, coklat eksotis, dan lainnya.

Kode warna E00 adalah warna kulit yang populer untuk warna kulit di Amerika, karena secara keturunan memang memiliki kulit pucat khas Caucasian. Warna-warna blending yang serumpun dan terlihat natural untuk kode warna E00 mungkin sekitar E0000 + E00 + E02. Untuk tutorial kali ini sang artist membuat color chart sendiri untuk beberapa karyanya. Penggunaan color chart untuk kulit sangat penting untuk menentukan apakah karakter yang mau kalian tampilkan memiliki tipe kulit yang seperti apa.

PERHATIAN! Warna-warna di bawah mungkin tidak terlalu terlihat sama dengan pewarnaan asli ketika mewarnai dengan copic. Yaaa biasa lah kadang kalau kita mewarnai dan kita memfoto kemudian diupload atau dicek di layar warnanya menjadi sedikit berbeda. Hal itu memang bisa dan cukup susah untuk menyesuaikan antara apa yang ada di layar dan warna asli di kertas.

Langsung kita bahas pewarnaannya ya. Untuk kelompok pertama, sang artist membuat beberapa alternatif warna kulit yang masing-masing terdiri dari dua warna, warna dasar kulit dan shadow atau bayangannya. Triknya seperti ini, jadi untuk warna dasar kulit biasanya kode warna diakhiri dengan angka 0 atau 1, seperti misalnya E00. Untuk kode bayangan pada kulitnya, tetap gunakan kode angka digit pertama warna kulit yang kita ambil tadi tetapi digit kedua diubah agak lebih tinggi, misalkan E02 ke atas. Buanyak sekali warna kulit di dunia, tetapi berikut ada beberapa yang sering dipakai:

Kombinasi Warna Kulit
Gambar 1

Gambar di atas menunjukkan urutan warna kulit dari kode warna E0000 sampai E04, yaitu warna dasar kulit khas ras Caucasian. Perhatikan ya, masing-masing memiliki kekhasannya masing-masing mulai dari yang berwarna putih pucat sampai agak kecoklatan sawo matang. Setiap warna kulit dengan pasangan warna untuk bayangannya.

Kombinasi Warna Kulit
Gambar 2
Gambar selanjutnya di atas adalah untuk warna kulit yang lebih coklat, yaitu dari kode warna E11 sampai kode warna E17. Sebenarnya untuk kode warna E11 seringnya digunakan untuk warna bayangan, tetapi setelah dilihat di gambar di atas cukup bagus juga untuk warna dasar atau warna utama kulit. Warna-warna di atas lebih gelap dari kebanyakan kulit orang ras Caucasian, dan lebih kemerah-merahan, tetapi semakin ke pasangan yang agak gelap semakin mendekati penduduk asli Amerika.

Kombinasi Warna Kulit
Gambar 3
Gambar di atas adalah kelompok warna kulit selanjutnya. Kode warna E21 adalah salah satu warna kulit yang bagus dengan warna bayangan kode E25 (sebenarnya bisa juga dengan kode warna E23). Kalau warna dengan kode E50 dan E51 cukup bagus juga untuk warna kulit orang dewasa yang mempunyai warna kulit agak kekuningan. Selain beberapa kombinasi gambar di atas ada juga kombinasi lain dengan kode E53 + E55, warna yang agak gelap tetapi bagus dan sesuai untuk kulit orang Timur. Untuk kode E93 + E95 terlihat terlalu pink ya, jadi mungkin kedua warna ini bisa dijadikan kode warna bayangan kulit untuk kode warna dasar kulit lainnya. Kedua warna itu juga bisa dijadikan warna untuk rona pipi dan lebih alami daripada menggunakan warna rona biasanya yaitu kode R20 atau R30 

Kombinasi Warna Kulit
Gambar 4
Gambar di atas adalah kelompok pasangan warna kulit terakhir yang bisa diberikan oleh sang artist dengan pewarnaan selain menggunakan kode warna E. Seperti yang kalian lihat di atas, kode warna YR000 terlihat sangat bagus untuk warna dasar kulit, terlihat cerah dan tidak terlihat terlalu pucat. Agak naik sedikit yaitu kode warna YR00 langsung berubah agak ke orange-orange an ya (padahal cuma naik satu kode). Kode warna R000 juga cukup bagus untuk warna kulit yang pucat (hehehe), dengan warna pucat yang agak pink membuat karakternya jadi terlihat sedang tidak sehat. Kode warna R02 terlihat terlalu pink untuk kulit (lebih terlihat seperti warna daging daripada warna kulit), tetapi cukup bagus juga untuk warna bayangan sih (tetapi tetap saja nampak seperti warna daging segar haha).

Lumayan juga kan beberapa kode warna di atas, cukup lengkap. Meskipu begitu, karena hanya terdiri dari dua warna saja membuat pewarnaannya tampak agak datar ya. Untuk menambahkan efek dinamis yang lebih mantab, bisa ditambahkan warna ketiga. Dengan kombinasi yang tepat akan membuat pewarnaan kulit menjadi lebih bagus. Berikut beberapa kombinasi tiga warna untuk kulit:

Kombinasi Warna Kulit
Gambar 5
Perhatikan dua kombinasi warna kulit pertama di atas. Kombinasi warna kulit pertama adalah salah satu yang cukup favorit dan sering dipilih. Tetapi dengan mengubah kode warna bayangan E11 menjadi R20 membuatnya terlihat lebih segar dan mantab daripada menggunakan E11 yang terlihat natural (saja). 

Kemudian perhatikan kombinasi kode warna kulit E11 + E13 + E15 dan bandingkan dengan gambar sebelumnya (gambar 2) dengan kombinasi kode warna E11 + E13 dan E13 + E15. Bukankah terlihat lebih menarik jika menggunakan kombinasi tiga warna daripada hanya dua warna saja? 

Kombinasi kode warna E25 + E27 + E29 adalah warna yang cocok dan bagus untuk warna kulit orang asli Afrika kalau dibandingkan dengan kombinsai kode warna E13 + E15 (gambar) yang terlihat agak kemerah-merahan.

Untuk kombinasi kode tiga warna kulit yang menggunakan kode E50 an ke atas terlihat lebih dinamis karena kontras warna yang cukup jauh. Terlihat jelas bukan, kalau menggunakan bayangan yang cukup gelap membuat warna dasar kulit jadi terlihat lebih terang karena kontras tersebut.

Untuk penjelasan terakhirnya mari kita lihat beberapa kode-kode warna yang digunakan sang artist:
Light Skinned Colors / Warna kulit terang (biasanya digit terakhir memiliki kode 0 atau 1) 
E0000 (hampir mendekati warna putih atau bening)
E01
E50 (warna kulit yang netral dan bagus)
R000 (agak kemerah muda an / pinkish)
R00
R01
YR000 (agak keorange an / orangish)
YR00

Slightly Darker / Agak sedikit gelap (dari warna sebelumnya di atas)
E02
E11
E21
E51
R02
YR01

Darker Skin Shadow / Warna bayangan kulit yang lebih gelap
E04
E13
E53

Dark African Skin/ Warna gelap khas kulit orang Afrika
E25 (warna kulit dasar) dan E27 (warna bayangan kulit)

Dark Native American Skin / Warna gelap khas ras orang asli Amerika
E13 + E15 + E17

Eastern Skin / Warna kulit orang Timur
E51 + E53 + E55

Pale Western Skin / Warna pucat orang Barat
E50 + E51

Light, Pinkish Baby Skin / Warna cerah dan kemerahmudaan khas kulit bayi
E0000 + E00
E000 + E01
E00 + E02
R000 + R01

Cheek Blush / Rona pipi
R20 
R30

Sumber: ilikemarkers.blogspot.com

Nah bagaimana menurut kalian? Apa kalian sudah menemukan dan memutuskan warna kulit yang bagus untuk karakter di gambar kalian? Dari banyaknya kombinasi warna di atas pasti ada satu atau dua yang berasa langsung cocok dengan style gambar dan karakter buatan kalian ya.

Belum ada Komentar untuk "Kombinasi Copic Untuk Warna Kulit Beserta Bayangannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel