Kata dan Istilah yang Sering Muncul di Grup-Grup Menggambar


Grup Menggambar

Hai teman-teman blog blahbloh semuanya di manapun kalian berada. Apa kabar kalian semua? Semoga diberikan kesehatan dan semangat untuk selalu belajar menggambar ya. Apa kalian ikut di grup-grup gambar baik di sosial media atau di dunia nyata? Kalau iya itu adalah langkah yang bagus untuk menemukan teman-teman yang memiliki hobi yang sama. Kalian bisa sharing dan berbagi pengalaman seputar menggambar di sana. Bagi kalian yang baru ikut bergabung di grup seperti itu, pasti akan menemukan berbagai kata atau istilah yang menurut kalian cukup asing. Kira-kira apa saja ya? Mari kita bahas.

Seperti yang sudah mimin katakan di awal, mengikuti grup menggambar merupakan langkah yang bagus untuk berlatih menggambar. Kenapa bisa begitu? Di sana kita bisa sharing pengalaman, berbagi tutorial, bertanya tentang seluk beluk menggambar dan alat gambar, dll. Dengan begitu merupakan salah satu bentuk usaha untuk meningkatkan skill menggambar kita karena ada teman seperjuangan di grup tersebut. Tetapi terkadang muncul beberapa kata atau istilah baru yang muncul di sana, misalnya "Eh, ngadain BA yuk, buat ngasah skill", "Ada yang OC nya mau aku Fanart in gak?", dan sebagainya dan sebagainya. Mungkin bagi yang bener-bener baru ikut akan sedikit bingung jika tidak mencari tahu sendiri dengan bertanya ke teman grup. 

Biar tidak keliatan kuper (kurang pergaulan) dan kudet (kurang update), mimin bakal kasih tahu beberapa istilah dan kata-kata yang sering muncul di grup menggambar (terutama grup gambar di Facebook yang bisa juga muncul di grup gambar di dunia nyata), ada kata yang berarti positif dan ada yang negatif juga. Mohon maaf juga sebelumnya karena kata-kata di bawah ini tidak saya urutkan dan mungkin masih sedikit. Silakan dilihat kata-kata yang mimin maksud di atas.

Doodle

OC, Fanart
  • OC: OC merupakan singkatan dari kata berbahasa Inggris yaitu Original Character yang berarti adalah karakter orisinil buatan seseorang yang belum pernah dibuat oleh orang lain.
  • Fanart: Fanart merupakan gabungan dari dua kata yaitu "fan" dan "art" yang memiliki arti gambar yang dibuat oleh seorang fans atau penggemar karena suka dengan suatu karakter. Orang tersebut menggambar karakter yang disukai (buatan orang lain) dengan style gambarnya sendiri tanpa meninggalkan ciri khas karakter asli gambar yang dikagumi tersebut 
Redraw, Tracing
  • Redraw: Redraw merupakan gabungan dari kata "re" yang berarti kembali dan "draw" yang berarti menggambar. Dengan kata lain redraw adalah kegiatan menggambar kembali suatu gambar yang sudah jadi dan milik orang lain untuk digambar ulang (tanpa menjiplak langsung) dengan target atau tujuan membuat gambar yang mirip dengan gambar yang ditiru tadi.
  • Tracing: Tracing berarti menjiplak atau meniru gambar seseorang yang sudah jadi secara langsung. Berbeda dengan redraw, tracing langung menjiplak gambar seseorang dengan menempelkan kertas baru di atasnya kemudian di gambar mengikuti pola yang terlihat samar-samar dari gambar di belakangnya. Tracing menurut beberapa orang dianggap negatif karena terkesan tidak ada usaha untuk menggambar dan hanya menjiplak gambar aslinya.
Artthief, Arttrade
  • Artthief: Artthief berasal dari gabungan dua kata yaitu "art" yang berarti seni atau gambar dan "thief" yang berarti pencuri. Dengan kata lain arti dari artthief adalah seseorang yang mencuri gambar orang lain dan mengakuinya sebagai gambarnya sendiri. Tentu saja orang yang melakukan hal negatif seperti ini sangat dibenci oleh para anggota grup. Untungnya hampir keseluruhan grup mengecam kegiatan artthief sehingga jika ada seseorang yang ketahuan melakukannya akan langsung dilaporkan di ketua grup atau admin grup untuk kemudian ditindaklanjuti.
  • Arttrade: Arttrade berasal dari dua kata bahasa Inggris yaitu "art" yang berarti seni atau gambar dan "trade" yang berarti pertukaran. Maksudnya, arttrade adalah kegiatan yang dilakukan dua atau lebih artist yang setuju untuk OC nya masing-masing dari mereka untuk digambar oleh orang lain. Dengan kata lain "aku menggambar OC mu, kamu menggambar OC ku" dengan ketentuan atau perjanjian antara artist yang sudah disetujui sebelumnya, kurang lebih seperti itu.
BA
  • BA: BA adalah singkatan dari "Battle Art" yang artinya adalah pertarungan art (he?). Maksudnya adalah ada seseorang yang mengadakan semacam lomba menggambar kecil atau besar (entah dengan hadiah atau hanya untuk mengasah skill anggota grup) dengan ketentuan dan syarat yang sudah dibuat oleh penyelenggara BA sendiri yang bisa diikuti oleh seluruh anggota grup.

WTB, WTA, WTS
  • WTB: WTB adalah singkatan dari istilah "Want to Buy" yang memiliki arti seseorang sedang mencari barang untuk dibeli atau jasa sesuai yang diinginkannya. Biasanya ketika seseorang sedang melakukan ini, dengan menggunakan WTB anggota grup akan langsung bisa mengirimkan protfolionya di kolom komentar untuk dipilih mana yang cocok dan sesuai dengan yang diinginkan sang pembeli.
  • WTA: WTA adalah singkatan dari "Want to Ask" yang berarti seseorang ingin bertanya tentang sesuatu hal yang berhubungan dengan grup. Bisa jadi juga seseorang ini bisa merubah statusnya dari WTA ke WTB, karena suatu keadaan. Yaa bisa seperti dia tanya-tanya dulu tentang harga lalu kalau cocok baru membeli, kuarng lebih seperti itu lah.
  • WTS: WTS adalah singkatan dari "Want to Sell" yang memiliki arti seseorang ungin menjual sesuatu. Kebalikan dari WTB, WTS ini adalah seseorang yang mau menjualkan entah barang atau jasa bisa gambar atau barang lainnya kepada para anggota grup. Jika para anggota grup tertarik, bisa langsung menghubungi orang tersebut secara personal.
Commission
  • Commission: Di sini Commission bisa diartikan pesanan atau orderan. Hampir sama dengan WTS, biasanya orang akan menuliskan "Open Commission" yang artinya orang tersebut sedang membuka kesempatan untuk orang-orang yang mau memesan gambar atau jasa dari orang tersebut dengan kata lain orang tersebut sedang membuka lapak jualan barang atau jasanya hehehe.
Merch / Merchandise
  • Merch: Merch adalah singkatan dari "merchandise" yang artinya barang dagangan (ha?). Iya, jadi biasanya orang ada yang berjualan merchandise khusus dari suatu anime, baik itu poster, gantungan kunci, kaos, dan lainnya atau bahkan menjual merch orisinil buatannya sendiri. Jadi barang-barang dagangan itulah yang sering dimaksud merchandise di grup-grup menggambar.
Doodle

Doodle, Lineart, BG
  • Doodle: Doodle dalam bahasa Inggris memiliki arti gamabaran atau coretan yang tidak berguna. Maksudnya adalah hasil corat coret gambar yang bisa bertujuan hanya untuk melepaskan penat, atau untuk latihan saja tanpa diproses lebih jauh secara serius. Tetapi akhir-akhir ini cukup populer juga doodle art yaitu gambar yang berkesan corat-coret tetapi memiliki seni yang bisa dikatakan cukup bagus dan bisa bersaing.
  • Lineart: Lineart berarti suatu gambar hitam putih yang hanya terdiri dari garis outline saja tanpa blok atau pewarnaa. Biasanya suatu gambar disebut lineart ketika hanya berupa gambar yang sudah ditebalkan dengan bolpoin atau tinta.
  • BG: BG adalah singkatan dari "Background" atau yang sering kita kenal dengan latar belakang gambar. Suatu gambar selain terdiri dari karakter (atau benda lain) sebagai fokus utama bisa juga berisi background yang difungsikan untuk mengisi kekosongan di sekitar gambar fokus utama tadi. 
Nubie/ Noob, Mastah
  • Nubie: Nubie atau Noob adalah sebutan untuk seorang pemula, baik itu di bidang menggambar atau bidang lainnya. Sebutan ini cukup membuat sorotan negatif dari anggota-anggota di grup gambar. Pasalnya kita di grup semua sama-sama ingin belajar untuk berkembang, jadi sebagai penyetaraan seharusnya tidak ada sebutan-sebutan baik untuk pemula maupun yang sudah profesional. Terlebih lagi kadang ada beberapa oknum yang gambarnya bagus (banget) tetapi ngomong "maaf masih nubie", itu malah membuat para anggota grup geram sendiri lho hahaha.
  • Mastah: Mastah adalah pengucapan untuk kata "master". Biasanya sebutan ini disematkan untuk anggota grup yang gambarnya sangat bagus. Tetapi sama halnya dengan Nubie, sebutan-sebutan seperti ini kurang disukai oleh beberapa banyak anggota grup karena berkesan diskriminatif dan tidak ada kesetaraan antar anggota grup.
Kritsar
  • Kritsar: Kritsar adalah kependekan dari kritik dan saran. Biasanya ada anggota grup yang memposting hasil gambar buatannya dan membubuhkan kata-kata "mohon kritsarnya ya", berarti menunjukkan bahwa orang tersebut mengharapkan suatu kritik dan saran dari anggota grup lain untuk mengembangkan skillnya.
Tools
  • Tools: Dalam bahasa Inggris, tools bisa diartikan sebagai alat-alat atau peralatan. Dalam konteks menggambar maksudnya adalah alat-alat yang digunakan untuk menggambar gambar yang diposting orang seseorang di grup menggambar, misalkan seperti pensil warna, spidol, pensil penghapus, cat air, atau alat -alat gambar lainnya.
WIP
  • WIP: WIP adalah singkatan dari "Work in Proggress" yang artinya karya tersebut sedang dalam pengerjaan. Dalam konteks ini biasanya orang memposting karya yang belum jadi atau setengah jadi dan masih akan dilanjutkan suatu saat. Misalkan bisa berbentuk gambar lineart saja, atau pewarnaan yang baru setengah dan lain sebagainya.

Sekian dulu postingan mimin kali ini yang mengulik kata-kata atau istilah yang sering muncul di grup atau forum menggambar. Mohon maaf cuma segitu saja dan belum lengkap. Kata-kata di atas cuma beberapa yang mimin anggap sering muncul saja. Semoga bisa bermanfaat dan mempermudah komunikasi kita di grup menggambar tersebut agar tidak terlihat kurang update ya hehehe.

Jangan lupa ikuti terus blahbloh.com karena mimin bakal sering upload tentang tutorial, referensi, tips dan trik tentang menggambar untuk meningkatkan skill dan kualitas gambar kita. Selain itu, mimin juga bakal posting info-info menarik lainnya seputar anime, game, manga, komik, dan info menarik lainnya supaya kalian tidak bosan hehehe. Terima kasih atas perhatian kalian dan sampai jumpa lagi lain waktu di postingan mimin lainnya.

Belum ada Komentar untuk "Kata dan Istilah yang Sering Muncul di Grup-Grup Menggambar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel