Junji Ito, "Sang Dewa" Manga Horor Jepang


Junji Ito Manga

Halo teman-teman pembaca di manapun kalian berada. Bertemu lagi dengan postingan mimin kali ini. Untuk postingan pada kesempatan ini, mimin bakal berbagi informasi tentang salah satu mangaka kelas kakap (hahaha) yang karyanya sudah cukup dikenal dan memiliki fans di kalangan genrenya. Mangaka tersebut adalah Junji Ito sang Dewa Manga horor Jepang. Ada yang belum tahu? Okelah, mari kita bahas detil dan biografi dari sang mangaka spesialis genre horor, Junji Ito.

(PERHATIAN!! Beberapa gambar di bawah bersifat Horor yang SANGAT MENGGANGGU bagi beberapa orang. Saya serius lho)

BIOGRAFI SINGKAT

Junji ItoJunji Ito merupakan seorang mangaka yang lahir di Jepang (tentu saja) tepatnya di Perfektur Gifu tanggal 31 Juli 1963. Awal inspirasinya dalam menggambar adalah dari gambar yang dibuat kakaknya dan sebuah karya dari mangaka horo juga yaitu Kazuo Umezu.

Junji Ito memulai hobi menggambarnya ketika dia bekerja di salah satu klinik kesehatan gigi. Pada tahun 1987, dia mencoba untuk ikut suatu kompetisi cerita pendek bernama Gekkan Halloween dan memenangkan kompetisi itu dengan Kazuo Umezu (sang idola) sebagai salah satu jurinya.

Komik-komik yang Junji Ito buat bergenre horor-gore. Dengan duniany yang sangat "mengganggu". Saat saya mengatakan mengganggu, saya serius (?), komik buatan beliau sangat mengganggu mental dan pikiran bagi para pembaca yang tidak kuat. Kejadian-kejadian di komiknya sangat tidak wajar dan tidak lazim. Tidak hanya hantu atau monster dengan perawakan yang sangat aneh. Bahkan bebrapa adegan mungkin bisa membuat kita muntah (atau mungkin pemikiran saya saja?) karena gambar-gambar "mengganggu" Junji Ito benar-benar sangat khas dan tidak lazim (sama sekali).


Junji Ito sudah mengeluarkan banyak komik (mungkin sudah puluhan komik horor yang bliau terbitkan) dari tahun '90 an di beberapa majalah mingguan di Jepang. Hal itu dimulai ketika dia memutuskan untuk keluar dari tempat klinik kesehatan gigi dan memutuskan untuk fokus di dunia perkomikan Jepang. Beberapa Komik buatan Junji Ito yang terkenal adalah berjudul "Uzumaki" dan "Gyo".
Junji Ito
Kalau mimin yang menjelaskan mungkin banyak yang tidak percaya ya. Karena masterpiece-masterpiece yang beliau buat sangat aneh, unik, menakutkan, "mengganggu" dan tidak lazim yang membuatnya sulit untuk dijelaskan secara jelas dengan kata-kata seperti apa karyanya. Mungkin dilihat dari penampilannya (di foto di atas), perawakan dan sifat Junji Ito terlihat kalem ya (hahaha). Tetapi jangan salah, Karya-karyanya sangat "brutal" dan "ganas". 


BEBERAPA CUPLIKAN GAMBAR KARYA JUNJI ITO
Pastikan kalian bersiap-siap dengan gambar "mengganggu" yang akan kalian lihat di bawah ini ya. (Saya sudah memperingatkan lho)

Yaaa namanya juga komik horor ya, pasti identik dengan hantu dan monster. Tetapi beda cerita kalau Junji Ito yang buat komik horornya, bukan hanya hantu dan monster yang menakutkan, bahkan manusia dan hewan bisa disulap menjadi "bentuk" yang menakutkan dan "tidak karuan". Daripada penasaran mending cek langsung deh gambar-gambar karya Junji Ito berikut ini.

Horor Manga

Horor Manga

Horor MangaHoror Manga


Horor Manga

Horor Manga

Ehem.. Bagaimana pendapat kalian? Kalau mimin sih kalau mungkin melihat lebih banyak lagi bakalan mual hahahaha.

Beberapa gambar di atas hanya cuplikannya saja lho. Jika kalian penasaran dan merasa berani, silakan baca komiknya ya. Coba cari di toko buku terdekat atau mencari versi digital komiknya di internet (sudah banyak yang share kok). 


KARYA-KARYA YANG DIADAPTASI MENJADI FILM DAN GAME

Marronnier

Tidak hanya berhenti di komik saja lho. Karya Junji Ito pernah diadaptasi menjadi Film yang disutradarai langsung oleh Junji Ito sendiri. Salah satu film yang dibuat adalah film horor tentang boneka seram yang berjudul "Marronnier". Membanggakannya lagi film ini ditayangkan sampai di San Francisco International Film Festival dan NY Asian Film Festival. Kala itu, film-film yang ditayangkan di kedua event tersebut biasanya adalah film-film buatan sutradara terkenal lho. 
Juni Ito

Beberapa karya Junji Ito lainnya yang dibuat menjadi film antara lain yaitu Tomie (1999), Uzumaki (2001), Lovesick Dead (2001), Kakashi (2011), dan Gyo (2012). Bahkan "Tomie" menjadi sebuah sequel yang berlanjut sampai tahun 2011 (hebat banget yak).  

Uzumaki
Game "Uzumaki"
Karya Junji Ito juga pernah dibuat dalam bentuk game lho. Game pertama berjudul "Uzumaki: Denshi Kaiki Hen" yang menceritakan tentang komiknya, sedangkan game keduanya berjudul "Uzumaki: Noroi Simulation" yang mengharuskan pemainnya untuk menyebarkan virus spiral. Hmmm kira-kira bagaimana ya isinya? Pastinya menyeramkan ya teman-teman.

Wah, dari banyaknya karya dan prestasi yang didapat oleh master Junji Ito membuat para pembaca setia genre horor semakin bersemangat menunggu proyek selanjutnya sang Dewa Komik horor ya. Kita tunggu saja gebrakan karya nyeleneh apalagi yang akan dirilis ya..

Sumber: Wikipedia, Akibanation.com

Sekian postingan mimin kali ini. Semoga bisa menjadi inspirasi baru terutama untuk para pecinta Manga Horor dari negeri Sakura ya.

terima kasih atas perhatian teman-teman semuanya dan sampai jumpa lagi dengan mimin di postingan-postingan lainnya.

Belum ada Komentar untuk "Junji Ito, "Sang Dewa" Manga Horor Jepang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel