Jenis-Jenis Pensil untuk Menggambar


Apa Saja Jenis-Jenis Pensil untuk Menggambar
Apa Saja Jenis-Jenis Pensil untuk Menggambar

Hai kawan-kawan semuanya. Ketemu lagi sama postingan mimin di website kesayangan kita semua ini blahbloh, dari blah sampai bloh semua ada disini. Dan kali ini kita akan mengulas sedikit tentang serba-serbi pensil untuk menggambar nih. Postingan kali ini berjudul "Apa Saja Jenis-Jenis Pensil untuk Menggambar" semoga bisa sedikit mencerahkan kalian ya, selamat membaca.

Pensil adalah salah satu alat yang digunakan untuk menggambar, terutama yang memiliki aliran sketsa hitam putih, pasti akan sangat sering menggunakan pensil yang memiliki berbagai jenis sesuai fungsinya masing-masing.

Bagi yang sudah lama menggunakan pensil secara profesional pasti sudah mengetahui beberapa jenis pensil. Pensil sendiri dibagi menjadi beberapa jenis, mulai dari segi ketebalan sampai dari segi fungsinya itu sendiri.

Berikut ini akan mimin berikan beberapa jenis pensil yang digunakan untuk menggambar yang banyak dari kita mungkin sudah mengetahuinya.

BERDASARKAN KETEBALANNYA ATAU KEKERASANNYA

Kalian tahu kan kode-kode pada pensil yang biasa kita beli seperti pensil HB, 2B dan lain sebagainya. Berdasarkan tingkat kekerasan pensilnya bisa dibedakan menjadi kode H (Hard), HB (Half Black), F (Firm), dan B (Black). 

Kalau dibagi dari yang lunak, sedang, dan keras, kode 2B sampai 9B adalah pensil yang termasuk golongan lunak. Maksudnya lunak di sini adalah pensil ini cukup memberikan goresan yang tebal dan ketika digores ke kertas tidak terlalu terasa kasar atau keras. Sedangkan yang memiliki kode H, B, F, dan H sampai 3H termasuk ke kategori sedang. Sisanya yaitu kode 4H sampai 9H yaitu masuk ke dalam kategori keras. Kategori keras ketika digoreskan pada kertas menghasilkan coretan yang sangat tipis dan terasa keras tentunya.

Apa Saja Jenis-Jenis Pensil untuk Menggambar
Kurang lebih beberapa dari ketebalan pensil
Untuk menggambar sketsa kasar biasanya digunakan pensil 2B ke bawah ( H, HB, B) karena akan terlalu tebal jika menggunakan 3B ke atas. Sedangkan ketika akan menggambar arsiran atau menebalkan outline sketsa kasar tadi menggunakan 3B sampai 5B. Selanjutnya jika ingin warna hitam arsiran yang lebih pekat bisa digunakan 5B sampai 9B.

Memang sih tidak semua toko alat tulis (yang besar sekalipun) menjual berbagai kode pensil yang lengkap dari yang tipis sampai yang tebal. Tetapi mimin akui kok memang masing-masing ketebalan pensil itu memiliki fungsi masing-masing yang cukup membantu artist profesional yang menggunakan arsiran pensil sebagai pewarnaannya. Kebayang kan jika kita hanya memiliki pensil 2B dan menginginkan hitam yang pekat maka akan sangat susah jika tidak memakai pensil dengan kode yang lebih dari 2B.

BERDASARKAN JENIS DAN KEGUNAAN

Pensil Graphit
Apa Saja Jenis-Jenis Pensil untuk Menggambar
  • Pensil ini adalah pensil yang secara umum digunakan untuk menulis. Bentuknya bulat yang terbuat dari kayu dan bisa diraut. Kategoriketebalan dan kekerasan yang mimin sebutkan sebelumnya dimiliki oleh pensil ini.

Pensil Mechanic
Apa Saja Jenis-Jenis Pensil untuk Menggambar
  • Pensil mekanik juga cukup populer di kalangan pelajar dan juga seniman sketsa pensil. Bentuk dari pensil ini adalah mirip seperti bolpoin dengan wadah alumunium atau plastik dan bisa diisi ulang (bukan dengan cara diraut). Kelebihan pensil ini yaitu karena kecilnya mata pensil sehingga sangat bagus digunakan untuk menggambar detail seperti detail pada suatu benda atau helaian rambut. Kekurangannya sih karena mata pensilnya yang kecil sehingga cukup rawan patah hahaha. Ukuran yang tersedia yaitu H sampai 2B.

Pensil Conte dan Charcoal

Apa Saja Jenis-Jenis Pensil untuk Menggambar
  • Kedua pensil ini hampir sama dengan pensil graphit dengan bentuknya bulat memanjang hanya saja memiliki mata pensil yang lebih besar. Kedua pensil ini berbahan dasar bubuk arang yang dihaluskan dan dicetak padat memanjang sehingga bisa digunakan kembali. Pensil ini sangat cocok untuk seniman pensil yang sering menggunakan arsiran. Biasanya bisa dimaksimalkan dengan cara meratakannya dengan jari, kapas, kuas, atau alat khusus lainnya.

Pensil Dermatograph

Apa Saja Jenis-Jenis Pensil untuk Menggambar
  •  Berbeda dengan pensil-pensil sebelumnya, pensil ini khusus digunakan untuk membuat sketsa atau tulisan pada kaca. Teksturnya yang berkesan licin atau agak berminyak membuatnya cukup susah jika dipakai di kertas (meskipun ada yang memakainya di kertas juga). Pada ujung mata pensilnya terdapat teli yang terhubung dengan wadahnya. Tali itu digunakan untuk meraut pensil ini. Karena wadahnya terbuat dari kertas terhubung pada tali tersebut, untuk merautnya kita tinggal menarik secara perlahan tali tersebut.

Pensil Tukang

Apa Saja Jenis-Jenis Pensil untuk Menggambar
  • Nah pensil tukang adalah pensil yang sering dipakai oleh tukang-tukang kayu haha. Iya kok memang begitu. Ketika bentuk pensil lainnya bulat memanjang, pensil ini memiliki bentuk yang agak pipih memanjang, dengan mata pensil yang berbentuk sama juga, pipih memanjang. Biasanya untuk menggambar pola ukiran, memberikan tanda pengukuran pada kayu, dan lain sebagainya.

Pensil Rias
 Apa Saja Jenis-Jenis Pensil untuk Menggambar
  • Hahahaha kalau pensil yang ini pasti cewek-cewek sudah pada tahu ya. Pensil rias digunakan pada muka untuk menambah ketebalan alis atau garis di sekitar mata. Tekstur pensil ini agak empuk sehingga mudah untuk  bisa digunakan atau diaplikasikan untuk wajah.

Pensil Warna
Apa Saja Jenis-Jenis Pensil untuk Menggambar
  • Pensil warna adalah alat pewarnaan untuk gambar pada kertas yang berbentuk pensil. Berbentuk sama dengan pensil pada umumnya yaitu bulat memanjang dengan berbagai macam warna yang berbeda-beda.


Sumber: Qubicle & kreatifberkarya.com

Nah, kurang lebih itulah beberapa informasi singkat tentang pensil yang mimin rangkum dalam postingan kali ini yang berjudul "Apa Saja Jenis-Jenis Pensil untuk Menggambar". Semoga bisa menambah wawasan kita tentang pensil yang bisa bermanfaat untuk meningkatkan skill menggambar kita yak. 

Sekian postingan mimin kali ini. Ikuti terus blog blahbloh.com karena kami akan update info-info seputar anime, game, dan hal-hal tentang menggambar seperti tips dan trik menggambar, tutorial dan referensi menggambar serta info-info menarik lainnya untuk kalian semua.

Terima kasih atas perhatiannya dan sampai jumpa dengan mimin di postingan mimin selanjutnya.

Belum ada Komentar untuk "Jenis-Jenis Pensil untuk Menggambar "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel