G-Pen, Marupen dan Sajipen Serta Perbedaannya

Hai Kuy, dalam bebarapa artikel di blog ini kita sudah banyak membahas tentang dasar-dasar bagaimana caranya membuat komik, maka kali ini kita akan membahas tools atau alat-alat apa sajakah yang perlu digunakan dalam membuat komik.

Perbedaan GPen, MaruPen dan SajiPen

Dasarnya sih dalam menggambar atau membuat komik alat yang perlu digunakan adalah pensil, pena, kertas, penghapus, penggaris, screentone/corak, dan masih banyak lagi, tapi kali ini kita akan membahas perihal pena dalam membuat komik. Jenis pena yang kali ini kita bahas adalah pena yang biasa dipakai oleh mangaka-mangaka professional di jepang, yaitu jenis pena celup, antara lain G-Pen, Maru Pen dan Saji Pen. Dari ketiga pena itu, apasih perbedaan dan kegunaannya? mari kita simak ya.


1. G-Pen
Pena ini adalah yang paling sering dipakai oleh mangaka karena ketebalan garis yang mudah di variasi. Untuk memakai pena ini dibutuhkan teknik khusus karena aliran tintanya tidak terlalu lancar seperti 2 jenis tinta yang lain. Setelah selesai digunakan, pena ini harus disimpan dengan hati-hati karena ujung penanya mudah merenggang.

contoh alat gambar G-Pen



2. Saji-Pen
Fungsi dari pena ini adalah untuk membuat garis lurus dan stabil, namun lebih tebal daripada garis yang di hasilkan Maru-Pen. Biasanya Saji-Pen digunakan untuk menggambar background. Tetap bisa digunakan untuk menggambar yang lain tetapi karena garis yang dihasilkan tebal, kurang cocok untuk diaplikasikan menggambar karakter manga.

contoh alat gambar Kaburapen



3. Maru-Pen
Bentuk dari Maru-Pen berbeda dengan pena lainnya kerena berbentuk setengah lingkaran. Pena ini biasanya digunakan untuk membuat detail pada gambar. Garis yang dihasilkan tipis dan halus sehingga memudahkan untuk proses finishing. Dalam hal lain, Maru-Pen lebih tahan lama dari G-Pen dengan mata pena yang tidak mudah merenggang

contoh alat gambar Marupen
Nah berikut perbedaan dari ketiga jenis pen tersebut
Perbedaan GPen, MaruPen, SajiPen

Lalu biasanya sering ada yang bertanya, Kak, merek apa sih yang bagus kalau mau beli penanya? Kalau menurtu saya ada 3 Merk yang sudah terkenal untuk produk pena itu, kalian bisa pilih antara Merk Tachikawa, Zebra atau Nikko. Kalau gak sama mereka mempunyai harga yang sama, kalaupun ada, itu hanya selisih sedikit. saya sendiri biasanya memakai merek tachikawa untuk Gpen dan Nikko untuk Maru-pennya, saya tidak menggunakan jenis Saji pen/ Kabura pen. 

Pena celup juga mempunya umur yang tidak lama, jadi tidak bisa terus-terusan dipakai, jika kalian sering memakainya, umumnya umur dari pen tersebut berkisar antara 2 minggu. 

Untuk tinta, saya menggunakan tinta jepang, seperti ini

Tinta Buat Komik

Semua tools tersebut saya beli secara online, kalian bisa cari di enportu.com, atau theimstudio.com/shop/ atau kalian bisa mencari di tokepedia / bukalapak, tinggal searching aja sih, gampang kok. 

Secara keseluruhan kalian akan mengerti begitu mencoba tools secara langsung, oh ya, karna pen itu hanya berupa pen saja, kalian juga perlu membeli gagang pennya. seperti ini

Gagang Pena

Gagang Pena

Untuk harga sebenarnya juga cukup menguras dompet ya, hehehe... soalnya harus membeli pen, gagang pen dan tinta secara terpisah, belum lagi pen dengan umur yang tidak panjang, tapi jika sudah berpenghasilan atau proffesional sepertinya tidak ada masalah toh semua demi meningkatkan kualitas gambar kamu.

satu lagi, saya coba membagi video yang membahas tentang ketiga pena ini, silahkan ditonton, dan saya ucapkan selamat belajar dan terima kasih jika kalian mau membantu menyebarkan artikel ini.

Belum ada Komentar untuk "G-Pen, Marupen dan Sajipen Serta Perbedaannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel