Cara Menggambar Pohon


Cara menggambar pohon

Haiiiii teman-teman pembaca blog blahbloh di manapun kalian berada. Apa kabar? Sehat 'kan? Semoga diberikan kesehatan dan semangat selalu untuk belajar menggambar ya. Kembali lagi mimin mau berbagi tutorial menggambar untuk kalian semua. Fokus kali ini adalah tutorial tentang menggambar pohon.

Bagian apa yang sering kalian latih saat menggambar, kepala, badan, pose, atau bagian lain? Selain berlatih dari sisi suatu karakter, penting juga bagi kita untuk berlatih elemen di luar bagian-bagian dari karakter itu sendiri. Terutama jika kita ingin berlatih menggambar background. Salah satu elemen yang sering dipakai oleh para artist profesional untuk mengisi bagian background adalah elemen-elemen alam terutama pohon. Kali ini mimin mau bahas tentang bayangan khususnya bayangan pada wajah. Langsung saja kita bahas yak.

Pohon adalah salah satu elemen yang sering mengisi background-background baik pada gambar ilustrasi atau artwork maupun sebuah page komik untuk mengisi ruang-ruang kosong di sebuah gambar. Tidak bisa dipungkiri juga banyak yang suka menggunakan pepohonan atau elemen alam untuk memperindah background daripada menggunakan bangunan-bangunan (yang biasanya lebih susah untuk digambar).

Selain itu pohon memiliki bentuk yang sangaaat variatif dan beragam jenisnya. Setiap lekukan-lekukan batangnya, intensitas dedaunannya, besar kecilnya, maupun tinggi rendahnya suatu pohon jarang ada yang sama. Hal ini membuat orang yang menggambar memiliki kendali penuh dengan bagaimana suatu pohon akan dibuat (meskipun jenis-jenis pohon tertentu juga memiliki pakem-pakem atau ciri khas dasar juga sih)

Langsung saja kita lihat beberapa tutorial dan referensi yang semoga saja bisa dimengerti ya.

Cara menggambar pohon
 
Tutorial di atas menunjukkan bahwa sebenarnya setiap pohon memiliki bentuk dasar dan bisa dibuat dan dikembangkan dari bentuk dasar tersebut. Beberapa di antaranya ada yang berbentuk segitiga mengerucut (seperti pohon cemara), berbentuk setengah lingkaran, maupun yang terdiri dari beberapa bentuk lingkaran yang saling bertumpukan. Dengan menentukan dan membuat bentuk-bentuk dasar terlebih dahulu, kita akan lebih mudah untuk membuat dedaunannya, yaitu dengan mengikuti pola-pola bentuk dasar yang telah digambar tadi.

Cara menggambar pohon

Cara menggambar pohon


Selain bentuk dasar untuk dedaunannya, yang membuat sebuah gambar pohon terlihat bagus dan detail adalah bayangan gelap terangnya. Dengan membuat bagian gelap terang untuk sebuah pohon, kita bisa membuat pohon tersebut lebih terlihat artistik dan lebih hidup. Memang sih, agak susah juga menentukan bagian-bagian mana yang harusnya gelap dan bagian mana yang harusnya terang, tetapi dengan latihan yang cukup untuk membuatnya kita akan bisa menggambar pohon yang cocok disandingkan bersama karakter gambar kita di sebuah komik (misalnya). 

Selain itu, lekukan-lekukan dan berapa banyaknya cabang pohon juga harus ditentukan agar pohon tidak terlihat kaku dan terlihat lebih alami ketika kita menggambarnya. Dengan banyak berlatih dan melihat berbagai referensi maupun melihat secara langsung bentuk pohon asli di dunia nyata, cepat atau lambat kita akan bisa membuat pohon yang bagus dan terlihat alami.

Cara menggambar pohon

Cara menggambar pohon
Beberapa gambar di atas mungkin  bisa menjadi referensi kalian yang berisi beberapa bentuk-bentuk pohon yang bisa kalian gumanakan untuk latihan. Karena jarang sekali (bahkan tidak mungkin) ada pohon yang memiliki bentuk sama persis jadi alangkah lebih baik kita berlatih berbagai bentuk pohon yang bisa menjadi alternatif untuk kita gunakan pada gambar-gambar kita.

Cara menggambar pohon

Selain pohon-pohon yang "normal" kita lihat sehari-hari, kalian bisa juga menambarh referensi gambar pohon yang unik dan aneh jika mungkin suatu saat kita akan membuat suatu gambar atau komik dengan tema fantasi. Beberapa gambar pohon unik di atas bisa menjadi latihan kalian untuk ke depannya karena yaaa siapa tahu suatu saat butuh. Jika sudah menguasai bentuk-bentuk di atas mungkin kalian bisa berkreasi dengan membuat pohon-pohon dengan bentuk yang lebih nyeleneh lainnya hehehe.

Dari banyaknya bentuk pohon, alangkah baiknya kita menguasai beberapa bentuk tidak cuma hanya satu saja. Hal itu agar kita bisa membuat pohon dengan variasi yang berbeda-beda. Semoga tutorial dan referensi kali ini bermanfaat ya.

Sekian dulu postingan mimin kali ini yang membahas tentang pepohonan. Semoga referensi kali ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan skill menggambar kita. Jangan malas untuk belajar meskipun itu tentang hal-hal kecil seperti benda-benda di sekitar kita. Karena dengan benda-benda tersebut gambar kita akan lebih hidup dan enak untuk dipandang hihi... Selamat belajar dan mencoba ya.

Jangan lupa ikuti terus blahbloh.com karena mimin bakal sering upload tentang tutorial, referensi, tips dan trik tentang menggambar untuk meningkatkan skill dan kualitas gambar kita. Selain itu, mimin juga bakal posting info-info menarik lainnya seputar anime, game, manga, komik, dan info menarik lainnya supaya kalian tidak bosan hehehe.

Terima kasih atas perhatian kalian dan sampai jumpa lagi lain waktu di postingan mimin lainnya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menggambar Pohon"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel