Cara Menggambar Naga


Cara Menggambar Naga

Halo halo teman-teman pembaca blog blahbloh.com sekalian di manapun kalian berada. Apa kabar? Semoga diberikan kesehatan dan semangat selalu untuk belajar menggambar ya. Kalau sudah mulai masuk liburan memang paling enak buat jalan-jalan bersama keluarga ya. Tetapi bagi yang pas liburan di rumah saja, lebih baik dimanfaatkan untuk berbuat hal-hal baik yang bisa kita lakukan, yaaa misalnya salah satunya yaitu belajar menggambar untuk meningkatkan skill kita, ya 'kan? hehe. Kembali lagi mimin mau berbagi tutorial menggambar untuk kalian semua. Untuk kali ini mimin mau bahas tentang Naga dan beberapa referensi serta tutorial yang semoga saja bisa bermanfaat ya.

Naga, adalah makhluk mitologi yang hampir tiap negara memiliki jenisnya masing-masing. Seperti misalnya di cerita-mitologi Eropa yang memiliki bentuk seperti kadal raksasa dengan sayap mirip kelelawar, atau seperti di dalam cerita mitologi di Asia yang memiliki tubuh ular berkaki pendek sebanyak empat buah dan bisa terbang (ada yang memiliki sayap ada yang tidak). Apapun itu bentuknya minumnya teh botol sos*o, naga sebagai makhluk misterius tentu dikaitkan dengan kekuatan mistis yang sangat kuat yang dimilikinya. Sosok naga juga sering muncul di film dan  anime yang bertema fantasi.

Dengan berbagai jenisnya yang berbeda-beda membuat kita jadi lebih luwes untuk mengkreasikan bentuk-bentuk naga yang bagus menurut kita. Tetapi meskipun begitu kita juga tidak boleh mengesampingkan anatomi dasar atau bentuk-bentuk yang membuatnya menjadi "naga banget". Jika bentuk dasar sudah kita kuasai, barulah setelah itu kita bisa menambahkan kreasi-kreasi kita sepuas-puasnya hahaha.

Bagaimana sih cara membuat naga yang bagus? Apa saja juga hal-hal yang perlu diperhatikan sebagai dasar kita dalam membuat dan mendesain naga? Berikut ini mimin beberapa referensi dan tutorial membuat naga. Semoga bisa membantu kalain untuk menggambar naga yang lebih baik ya. Langsung saja disimak, Check it out!!

Cara Menggambar Naga
Sumber: Pinterest
Gambar di atas merupakan tutorial yang menurut mimin adalah tutorial gambar naga yang cukup simpel. Jadi mungkin bagi kalian yang belum pernah menggambar naga bisa mencoba tutorial yang ini dahulu sebagai awalan sebelum belajar naga dengan bentuk yang lebih kompleks dan aneh-aneh hehehe.

Cara Menggambar Naga
Sumber: Pinterest
Nah, untuk yang gambar di atas ini adalah versi yang lebih kompleks. Dengan lengkap dengan tanduk, sayap, dan sisik di punggung sampai ekor. Mungkin terlihat rumit ya, karena memang menggambar naga yang bagus itu harus sedikit banyak terlihat mendetail. Tetapi jika sering-sering dilatih dan memperbanyak referensi, pasti kalian bisa mengembangkannya sedikit demi sedikit.

Cara Menggambar Naga
Sumber: Pinterest
Untuk gambar selanjutnya di atas adalah gambar kepala naga yang bagus dengan lekukan-lekukan yang pas sehingga terlihat simpel tapi tidak monoton. Biasanya mimin dulu kalau menggambar naga, kepalanya malah mirip kuda hahaha (mungkin sampai sekarang juga karena jarang melatih menggambar naga). Tetapi dengan kalian mengetahui langkah-langkah menggambar naga di atas dan menguasainya, pasti gambar naga kalian bakal terlihat lebih bagus lagi.

Selain sedikit tutorial di atas, mimin juga akan berbagi beberapa referensi variasi bentuk-bentuk naga agar kalian mempunyai gambaran untuk mengkreasikan naga menurut kreatifitas kalian masing-masing.

Cara Menggambar Naga
Sumber: Pinterest
Seperti yang kalian lihat ya, gambar di atas adalah referensi beberapa kepala naga (yang keren bangeet!) dengan berbagai warna yang berbeda. Terlihat sangat memukau bukan? Bisa banget buat referensi gambar naga kalian kelak.

Cara Menggambar Naga
Sumber: Pinterest
Gambar di atas membahas fokus utama yaitu bagian sayap pada naga. Jadi seperti yang kalian lihat, anatomi sayap naga (versi gambar di atas) sebenarnya adalah perpanjangan dari tangan si naga yang pada ujung-ujung sayapnya seperti ada kukunya (mirip seperti sayap kelelawar). Gambar di atas juga dilengkapi dengan bentuk sayap naga saat di posisi menutup dan saat posisi membentang. Jika sayapnya dibentangkan, panjangnya (jarak dari ujung sayap kiri ke ujung sayap kanan) melebihi panjang tubuhnya sendiri. Logikanya sih karena digunakan untuk terbang, tentu sayap tersebut juga dibuat sekiranya mampu menopang tubuh besar sang naga itu sendiri. Yaaa tetapi namanya juga makhluk fantasi ya, mungkin dengan sayap kecil dan kekuatan magisnya saja juga pasti sudah bisa untuk digunakan terbang.

Cara Menggambar Naga
Sumber: Pinterest
Gambar di atas juga memfokuskan pada sayap dan terutama pergerakan sayap naga saat terbang di udara. Bisa dilihat 'kan, posisi sayap ketika sang naga mengepakkan sayapnya saat di atas dan di bawah maupun ketika sedang membentang mendatar untuk keseimbangan saat di udara dan saat bermanuver (akan berbelok), kurang lebih seperti pada gambar di atas ya.

Cara Menggambar Naga
Sumber: Pinterest
Gambar di atas adalah refernsi yang cukup lengkap dari berbagai bentuk naga beserta penjelasannya (dalam bahasa Inggris), mulai dari kepala, tanduk, sayap, kaki, sisik dan ekor. Dengan berbagai variasi yang disediakan di gambar di atas, kita bisa mendapat gambaran untuk mengkreasikan naga versi kalian sendiri.


Cara Menggambar Naga
Sumber: Pinterest
Kalau gambar yang di atas, memfokuskan pada kaki-kaki naga lengkap dengan kukunya. Detail sekali ya kelihatannya. Jadi gambar di atas membahas tentang berbagai posisi kaki naga seperti membuka, agak menutup, ketika sedang diangkat, ketika akan menerkam atau mencakar, dan posisi-posisi lainnya. Bisa banget dijadikan referensi pose kaki naga ya.

Cara Menggambar Naga
Sumber: Pinterest
Selanjutnya adalah referensi gambar beberapa jenis sayap yang bisa kalian gunakan untuk inspirasi menggambar sayap naga yang kalian sukai. Bentuknya kebanyakan mirip sayap kelelawar ya, tetapi ada juga naga yang digambarkan memiliki sayap burung. Beda orang beda kreativitas sih hehehe.

Cara Menggambar Naga
Sumber: Pinterest
Jajaran gigi yang dimiliki oleh naga sendiri memiliki jenis-jenis yang berbeda-beda dan kebanyakan tidak rata. Karena kebanyakan naga memakan daging-dagingan, tentu saja gigi taring lah yang menjadi dominan (bahkan semuanya) untuk gigi naga-naga tersebut. Menurut gambar di atas, gigi naga dikaitkan dengan jenis gigi yang ada di hewan-hewan pemakan daging dan reptil pada umumnya, seperti gigi dinosaurus, gigi hiu, gigi buaya dan jajaran gigi hewan karnivora lainnya.


Nah dari sekian banyak tutorial dan referensi yang mimin berikan, semoga bisa membantu kalian untuk menggambar naga dengan kreasi kalian masing-masing ya. Terlepas dari itu semua, bersyukur sekali ya di jaman sekarang ini kita tidak menemui naga raksasa yang bisa terbang atau berenang di lautan lepas, karena pasti akan sangat menakutkan sekali. Kebayang dong jika tiba-tiba kita sedang berenang di laut lepas kemudian naga seperti gambar di bawah ini tiba-tiba muncul di belakang kita,

Cara Menggambar Naga
Hiiiiii Ngeri sekali deh ya. Tetapi meskipun begitu, di dunia modern ini masih ada berbagai misteri yang belum terpecahkan tentang makhluk-makhluk mitologi yang (mungkin) bisa jadi masih ada dan hidup tanpa sepengetahuan kita, entah itu di kedalaman samudra lepas maupun di gua terdalam. Entahlah..


Sekian dulu postingan mimin kali ini yang membahas tentang naga-naga yak. Semoga referensi kali ini bisa bermanfaat untuk meningkatkan skill menggambar kita. Jangan malas untuk belajar ya, entah belajar menggambar maupun belajar hal lain. Selama hal itu bersifat positif jangan enggan untuk berusaha melakukannya (mimin sok bijak hehehe). 

Selamat belajar dan mencoba tutorial mimin di atas ya. Jangan lupa ikuti terus blahbloh.com karena mimin bakal sering upload tentang tutorial, referensi, tips dan trik tentang menggambar untuk meningkatkan skill dan kualitas gambar kita. Selain itu, mimin juga bakal posting info-info menarik lainnya seputar anime, game, manga, komik, dan info menarik lainnya supaya kalian tidak bosan hehehe. 

Terima kasih atas perhatian kalian dan sampai jumpa lagi lain waktu di postingan mimin lainnya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menggambar Naga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel