Cara Memilih Copic Set Sesuai Kebutuhan


Cara Memilih Copic Set Sesuai Kebutuhan

Halo teman-teman semuanya di manapun kalian berada. Sehat kah? Masih semangat menggambar .kan? Saya doakan semoga kita selalu diberikan kesehatan dan semangat menggambar yang tak pernah surut ya, aamiin. Untuk kesempatan kali ini mimin mau berbagi info dan sedikit tips untuk kalian yang baru akan membeli Copic, alat gambar yang bagi sebagian besar orang di Indonesia berpendapat bahwa itu adalah alat yang mahal.

Copic adalah alat menggambar dan mewarnai yang kualitasnya sudah tidak diragukan lagi dan dipakai oleh artist dan komikus dari yang masih amatir sampai profesional di seluruh dunia. Tetapi ada barang ada harga, dengan kualitasnya yang bagus harga yang ditawarkanpun juga terbilang cukup mahal.

Meskipun Copic juga menyediakan beberapa set yang sudah dikemas dalam satu pack, tetapi saran mimin mending tetap beli satuan yang sesuai dengan kebutuhan. Soalnya kata beberapa orang membeli satu set hitungannya juga tetap hampir sama jika dihitung satuan. Nah kalau sudah begitu menurut mimin sih beli satuan saja tetapi warnany kita bisa milih sendiri. Bukan begitu?

Cara Memilih Copic Set Sesuai Kebutuhan
Lihat gambar di atas jadi ngiler.... :p

Karena harganya yang "wah" itulah banyak orang yang sangat berhati-hati ketika ingin membeli Copic agar warna yang dipilih benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Apalagi untuk kita yang baru akan membeli Copic markers, pasti akan sangat penuh dengan pertimbangan yang banyak. Yaaaa tentu saja dengan alasan yang sama yaitu agar tidak mau rugi atau salah pemilihan warna. Sayang kan kalau dengan uang hasil tabungan kita beli Copic dengan warna yang salah atau tidak sesuai harapan. Hmmm..

Untuk itu, kali ini mimin mau bagi-bagi tips bagaimana cara memilih Copic markers sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Yaaaaa semoga saja bisa membantu kalian dalam memilih dan membeli warna Copic yang tepat. Tips ini mimin dapat dari sumber imaginationinternationalinc.com .Nah kira-kira apa saja pertimbangan yang harus dilakukan sebelum membeli Copic markers? Mari kita simak bersama yak.

Cara Memilih Copic Set Sesuai Kebutuhan
Penjelasannya kurang lebih seperti ini:
1.  Gambar apa yang sering dan suka kalian gambar?
  • Entah kalian menggambar orang/manusia/karakter, alam, atau benda-benda lainnya, style dan gambar yang sering kalian buat akan sangat menentukan set warna Copic kalian dan juga bagaimana penambahan-penambahan warna yang akan kalian beli di waktu-waktu setelahnya. Set warna awal yang baik kurang lebih sebanyak 12 - 24 warna. Pastikan di set kalian ada warna bening / Colorless Blender yang bisa kalian gunakan untuk menipiskan warna.
  • MENGGAMBAR MANUSIA/KARAKTER: Ketika kalian sering menggambar suatu karakter warna yang cukup sering dipakai tentu saja adalah warna kulit / skintone sebanyak 3 sampai 6 warna kulit dari gelap sampai ke yang paling terang. Kemudian ada warna rambut, kalian bisa menggunakan 2 sampai 3 pasang warna serumpun (misal hitam dan abu-abu, coklat tua dan coklat muda, disesuaikan 2 atau 3 tingkat pewarnaan berbeda tetapi tetap serumpun). Selanjutnya warna bayangan, yang kalian bisa ambil dari warna biru keabu-abuan atau biru cerah dan bisa juga dengan biru sedikit keunguan. Dan terakhir adalah rona pipi atau blush yang kalian bisa aplikasikan dengan warna merah cerah atau pink cerah. 
  • MENGGAMBAR ALAM: Dalam menggambar alam, fokus warna kita adalah hijau, coklat dan biru. Warna hijau yang kita gunakan haruslah terdiri dari beberapa warna rumpunannya yaitu dari warna hijau paling terang sampai yang agak gelap atau gelap, mungkin juga bisa dikombinasikan dengan warna hijau agak kekuningan atau hijau kebiruan. Warna air dan langit yaitu biru pucat dan biru terang dengan tambahan biru kehijauan untuk air atau sungai. Warna coklat yang digunakan yaitu sekitar 4 sampai 6 marker dengan range warna dari warna coklat terang sampai coklat gelap. Tambahan 3 sampai 4 warna abu-abu dengan rance uang berbeda tentu saja.
  • MENGGAMBAR GAMBAR DAN ILUSTRASI UMUM: Jika gambar kita random atau hal-hal yang acak, kadang alam, kadang manusia, atau bahkan benda-benda di sekitar kita, kita bisa gunakan beberapa tips warna berikut. Warna abu-abu yang secara umum digunakan untuk mewarnai dan memberi efek bayangan, bisa mengambil 3 sampai empat warna dari yang terang sampai yang agak gelap. Kemudian adalah warna kecoklatan dengan range warna 2 sampai 4 tingkat kecoklatannya. Variasi warna lainnya tentu saja penting misalnya antara lain Merah, Biru, Kuning, Hijau, dan warna lainnya. Ambil warna serumpun sekitar 2 sampai 4 warna untuk tiap warna yang kalian pilih, misalnya kalian memilih warna merah, yaaa berarti merah dari yang cerah sampai yang agak gelap, kurang lebih seperti itu.  
copic

(Apa yang dimaksud warna yang serumpun? Bisa dicek di link ini "Arti Kode Huruf untuk Warna pada Copic")

(Nomer 2 dan 3 Tidak terlalu penting untuk kita dalam memilih warna Copic dan bersifat opsional. Tetapi mimin akan tetap jelaskan sedikit)
 
2. Balpoin dan Kertas
  • Apa kalian menggunakan pena dan kertas yang sesuai? Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, tentu saja kertas yang sesuai juga memiliki pengaruh. Untuk ilustrasi umum dan desain fashion disarankan pula untuk menggunakan Copic Sketchbook atau Copic Illustration Paper (sebenarnya sketchbook biasa juga tidak apa-apa sih asal jangan kertas HVS). Sedangkan untuk desain produk dan arsitektur disarankan menggunakan Alcohol Marker Pads. Kemudian untuk Inking/outline gambar disarankan menggunakan Copic Multiliner.
3.  Pilih Case atau tempat Copic Markers dengan ruang lebih.
  • Memang untuk set awal Copic yang baik adalah sekitar 12 sampai 24. Tetapi untuk case nya bisa beli yang untuk 36 atau 72 warna yang bisa kalian gunakan jika suatu saat kalian akan membeli warna lain untuk tambahan Copic Markers set kalian.
4.  Kembangkan koleksi set warna kalian
  • Ketika ingin menambah warna baru, kalian bisa mengembangkan atau menambahkan rumpun warna dari set warna yang sudah kalian punya. Misalnya kalian sudah punya warna R24, jika ingin warna yang lebih terang bisa membeli yang R21 dan ketika ingin warna yang lebih gelap belilah yang R29. Atau jika kalian ingin memilih warna merah yang agak keabu-abuan kalian bisa memilih rumpun warna R50 daripada R20.
  • Saat kalian sudah mulai berpengalaman dengan Copic marker, kalian akan menyadari bahwa warna terang dan warna gelap adalah warna yang sering kalian gunakan karena selain bisa untuk mewarnai biasa bisa juga untuk menumpuk warna dasar agar lebih variatif.
Nah begitulah beberapa tips yang mungkin bisa kalian praktikkan ketika akan membeli Copic, terutama untuk kalian yang sudah rela-rela menabung untuk membeli alat "mahal" yang satu ini untuk pertama kalinya. Dengan pertimbangan yang matang, pastikan kalian tidak salah pilih dalam membeli ya.

Semoga info di atas bermanfaat untuk kita semua ya. Jangan lupa ikuti terus blog blahbloh.com karena kami akan selalu update dengan berbagai informasi tentang alat gambar, tips dan tutorial menggambar, info tentang anime, dan info-info menarik lainnya seputar anime dan manga. Terima kasih atas perhatian teman-teman sekalian dan sampai jumpa dengan mimin di postingan lainnya di lain waktu.

Belum ada Komentar untuk "Cara Memilih Copic Set Sesuai Kebutuhan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel