Bukan Hanya Komikus, Hobi Menggambarmu Bisa Menjadi Jalan Ke Pekerjaan Ini


Drawing Job

Haloo teman-teman pembaca blog blahbloh semuanya di manapun kalian berada. Apa kabar semuanya? Semoga diberikan kesehatan dan semangat selalu untuk belajar menggambar ya. Kalian masih suka menggambar kan? Semoga masih ya. Soalnya kali ini mimin mau membagikan info khusus bagi kalian yang memiliki hobi menggambar, yaitu tentang pekerjaan apa saja yang sesuai dengan hobi menggambar kalian. Apa saja pekerjaan - pekerjaan yang mimin maksud? Mari kita bahas ya.

PENDAHULUAN
Memiliki pekerjaan yang sesuai dengan hobi yang kita sukai merupakan hal yang diimpi-impikan banyak orang di dunia. Ada pepatah yang mengatakan bahwa "Pekerjaan yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar". Sebagian dari kalian pasti setuju dengan itu. Ketika kalian membayangkan tentang komikus atau ilustrator yang sedang bekerja pasti yang ada di benak kalian adalah pekerjaan yang menyenangkan karena itu hobi mereka, jadi kita tidak terlalu mengeluarkan "usaha yang terlalu keras" untuk menyelesaikan pekerjaan itu. Memang sih ketika kita sudah menyukai suatu pekerjaan karena sesuai dengan hobi kita terlihat menyenangkan-menyenangkan saja, tetapi pada kenyataannya pernyataan itu adalah "Kurang Tepat".

Drawing Job

Setiap pekerjaan memiliki tantangan, resiko, dan kesusahannya masing-masing meskipun pekerjaan itu sejalan dengan hobi kita sekalipun. Saya misalkan saja seorang komikus, pasti mereka akan berurusan terus dengan deadline terbit komik, apalagi mereka juga harus dipaksa terus menerus untuk mengembangkan cerita dan menjaga mood serta inspirasi agar pekerjaannya berjalan dengan lancar. Contoh lain adalah Ilustrator. Mereka akan sering berurusan dengan klien yang aneh-aneh permintaannya. Yaaa karena seni itu masalah selera maka akan cukup susah menyamakan selera dengan klien yang rewel, terlebih lagi jika ada yang meminta untuk merevisi gambar atau ilustrasi yang sudah dibuat, pasti cukup bikin jengkel.

Dengan berbagai tantangan yang dihadapi oleh para pekerja seni, sudah selayaknya kita dengan bijak memilih untuk ingin menekuni menggambar dengan serius dan meneruskannya menjadi pekerjaan atau hanya sebatas hobi. Semua itu akan mulai terpikirkan sejalan dengan perkembangan skill kita dan pemikiran kita (terutama ketika SMA dan akan meneruskan perguruan tinggi). Dan juga tentu saja dengan persetujuan orang tua untuk memutuskan hal tersebut, agar kita bisa tenang menjalani masa-masa kuliah dan pekerjaan kita sebagai pekerja seni.

Meskipun begitu, tidak ada salahnya menjadikan bidang seni menjadi pekerjaan utama kita mengingat di jaman modern seperti ini banyak sekali peluang kerja yang membuka dan membutuhkan pekerja seni untuk perusahaan-perusahaan besar. Dan bahkan di posisi- posisi pekerjaan tertentu, bayaran pekerja seni bisa sangat tinggi lho. Nah apa saja pekerjaan -pekerjaan yang mimin maksud di atas? Berikut beberpa di antaranya.

Animator

Animator
 
Animator adalah salah satu pekerjaan di bidang seni berupa gambar yang fokus utamanya yaitu membuat gambar bergerak. Pekerjaan ini membutuhkan ketelitian dan ketelatenan tinggi agar gambar memiliki pergerakan yang halus dan bagus. Biasanya pekerjaan animator berada di suatu studio animasi ataupun juga bisa bekerja dan bekerja sama di suatu stasiun televisi. Animasi yang dihasilkan bisa untuk tayangan jangka panjang di televisi, iklan pemasaran untuk sebuah produk, atau untuk kompetisi-kompetisi animasi nasional maupun internasional. Biasanya animator bekerja bersama tim yang memiliki jobdesk atau pembagian kerjanya masing-masing, seperti misalnya bagian lineart, motion atau pergerakan, coloring atau pewarnaan, finishing, dan lain-lain.

Tantangan yang sering dihadapi para animator adalah kesabaran. Mereka dituntut untuk memiliki kesabaran tingkat tinggi. Mengapa bisa begitu? Mimin beri contoh, untuk pembuatan animasi satu menit (misalnya) yang benar-benar clear dan sudah matang dengan background dan efek-efeknya bisa membutuhkan puluhan gambar agar pergerakaannya terlihat halus dan bagus (tergantung adegan yang dimainkan, semakin kompleks semakin banyak gambar yang dibutuhkan). Mungkin satu menit itu bisa dikerjakan sampai berhari-hari bahkan berminggu-minggu. Ketelitian dan kesabaran adalah poin utamanya untuk menjadi animator profesional.


Komikus

Komikus
 
Kalau mimin bilang sih komikus lebih ringan daripada animator ya, karena kita tidak membuat gambar bergerak. Untuk mencapai suatu scene hanya dibutuhkan beberapa lembar gambar dengan adegannya. Tetapi tetap saja, jika kita ingin menjadi komikus profesional banyak hal yang harus dimiliki, bukan hanya skill gambar yang mumpuni saja, kemampuan menghidupkan karakter, membuat benda-benda pendukung dan backgorund, menghidupkan sebuah halaman komik, dan juga pembuatan cerita yang matang (meskipun ada juga yang berbagi tugas dengan teman satu tim untuk menyelesaikan sebuah komik juga sih). 

Komikus profesional akan berurusan dengan penerbit buku yang telah mereka pilih. Dengan komitmen menyelesaikan komik per bulan atau perminggu, para komikus harus siap dengan deadline dan selera editor di penerbitan tersebut yang terkadang juga mencekik. Tetapi kelebihannya, banyak juga komikus yang bekerja di rumah, jadi tidak perlu berada di kantor karena naskah atau komik yang sudah jadi bisa dikirim baik lewat email maupun pos.


Game Designer / Desainer Game

Game Designer

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, mulai bermunculan developer-developer game yang bekerja secara profesional dan berkala membuat dan mengembangkan game-game untuk berbagai platform. Terutama untuk platform android, sekarang ini banyak sekali developer -developer baru yang muncul dan membutuhkan banyak pekerja untuk game yang mereka produksi. Biasanya untuk pekerjaan yang membutuhkan seni di bidang game ini antara lain yaitu, pembuatan karakter, pengembangan desain item-item pada game, background game, dan lain-lain. Mengingat kebanyakan game sekarang berstatus online, maka developer juga harus pandai memutar otak untuk menelurkan ide-ide yang update, dengan bantuan desainer di industri game ini para developer mampu mewujudkan ide-ide mereka dan kontrak jangka panjang pun bisa memungkinkan juga karena kebutuhan update konten game yang berkelanjutan juga. 


Fashion Designer  

Fashion Designer

Kalian pasti tahu dong pekerjaan yang satu ini. Yup! Yang sering buat baju-baju di fashion show atau peragaan busana itu lho. Pekerjaan ini adalah pekerjaan impian buat mereka yang suka menuangkan ide-ide mereka dalam hal busana atau pakaian. Selain membutuhkan skill menggambar, fashion designer juga dituntut mengerti berbagai hal tentang kain-kain atau bahan-bahan lain yang berhubungan dengan pakaian. Selain itu, mereka juga harus bisa memadupadankan pakaian dengan aksesoris, sepatu, tas, ataupun benda fashion pendukung lainnya. 

Melaksanakan pagelaran busana merupakan salah satu impian para fashion designer, karena selain untuk mempromosikan pakaian hasil rancangan mereka. Di pagelaran busana itu juga biasanya mereka akan bertemu fashion designer lainnya (yang mungkin lebih terkenal) agar bisa menjalin partnership dan bisa memasarkan rancangannya secara lebih luas. Tetapi tantangannya yaitu biaya, membuat suatu pagelaran busana sangat memakan waktu dan biaya, misalnya membuat desain pakaian yang sudah jadi dan terbaru (pastinya), mencari para model untuk mengenakan hasil rancangannya, menyewa gedung beserta perlengkapannya, setting tempat yang disesuaikan dengan tema busana yang diangkat, tamu-tamu undangan, dan sebagainya. Tentu saja hal itu sangat menguras tenaga, waktu, pikiran, dan terutama biaya.

Book Illustrator / Ilustrator Buku

Illustrator

Untuk yang satu ini kalian harus berhubungan dengan penerbit buku. Entah status pekerjaan kita sebagai ilustrator tetap ataupun pekerja lepas atau freelance, pasti cukup banyak penerbit buku yang membutuhkan ilustrator sebelum menerbitkan buku-buku mereka. Pekerjaan book illustrator bisa meliputi, desainer cover buku (bagian depan dan belakang), maupun untuk ilustrasi isi buku (biasanya untuk beberapa novel yang membutuhkan ilustrasi sebagai pelengkap). 

Biasanya beberapa orang akan membeli suatu buku karena tertarik dengan cover dan tentu saja sinopsisnya. Itulah mengapa pengerjaan cover ini harus dikerjakan matang-matang agar bisa menarik para pembaca. Tak khayal, sering sekali para illustrator buku ini mendapat kritik dan revisi dari editor sampai berkali-kali sampai mendapatkan ilustrasi yang menurut mereka bagus. Selain itu, ilustrasi yang dibuat juga harus bisa sedikit banyak menggambarkan isi buku itu sendiri, makanya kemampuan seseorang untuk menggambarkan ilustrasi berdasarkan sebuah cerita atau isi buku sangat diperlukan.


Magazine Layout Designer/ Desainer Majalah

Designer Majalah
 
Untuk pekerjaan yang satu ini, hal utama yang paling dibutuhkan adalah kemampuan estetika dalam penataan suatu halaman majalah secara khususnya, dan keseluruhan majalah secara umumnya. Tentu saja karena pekerjaan utama untuk posisi ini adalah mengatur tata letak dan desain suatu halaman agar halaman majalah terlihat bagus dan sesuai tema yang diusung majalah itu sendiri. Biasanya sang desainer akan sering berurusan dengan halaman, font, konten majalah, gambar-gambar pendukung, dan lain sebagainya. Dalam hal ini, penguasaan program penataan layout majalah juga menjadi salah satu modal penting agar proses pekerjaan berjalan lancar.


Advertisement Designer / Desainer Iklan

Advertisement Designer

Baik iklan cetak maupun iklan di televisi, rasanya seorang desainer juga sangat diperlukan untuk membuatnya. Biasanya jobdesk yang harus dilakukan adalah seputar membuat story board atau cerita singkat keseluruhan iklan dalam bentuk gambar (untuk iklan televisi) dan membuat iklan cetak dengan komposisi gambar dan tulisan yang tepat dan enak dipandang mata (untuk iklan cetak). Mungkin bisa dibilang untuk iklan televisi, desainer iklan ini sedikit merangkap sebagai sutradara iklannya kali yak hehehe.

Tentu saja pekerjaan ini akan menuntut kita untuk berhubungan dengan perusahaan-perusahaan baik kecil maupun besar untuk memasarkan barang yang dijual oleh perusahaan mereka. Tak bisa dipungkiri juga hal ini akan menguras banyak ide karena seperti perusahaan menuntut kita untuk membuat iklan yang bisa menarik para pembeli agar membeli produk yang diiklankan. Cukup menantang ya. 

 
Architect / Arsitek

Arsitek

Jika sejak kecil sudah ketahuan kalau bakat kita adalah menggambar, pasti para ortu akan bilang "waaah calon arsitek", "ini gedenya bakal jadi arsitek". Kenapa bisa begitu? Karena arsitek bayarannya besar hahaha. Untuk sekali proyek saja arsitek bisa mendapatkan bayaran jutaan (mohon koreksi jika ada kesalahan). Tentu saja karena proyek yang dikerjakan tersebut berhubungan dengan pembangunan suatu bangunan seperti, rumah atau perumahan, toko atau pertokoan, taman, dan proyek-proyek lainnya. 

Selain mengetahui dan menguasai teknik-teknik dan teori dalam membangun suatu bangunan, para arsitek juga sedikit banyak harus menguasai tentang bahan-bahan bangunan dan alat-alat berat proyek dan sebagainya. Tentu saja hal itu membutuhkan usaha keras. Oleh karena itu, jika kita memutuskan untuk menjadi arsitek tentu kita harus masuk ke jurusan yang sesuai juga agar wawasan kita lebih matang.

Interior Designer

Interior Designer

Untuk pekerjaan ini memiliki jobdesk utama yaitu membuat desain perabot, furnitur, dan kelengkapan rumah lainnya. Biasanya interior designer ini hanya membuat desainnya saja dan tidak langsung turun tangan untuk membuat barangnya. Jadi interior designer ini membuat perhitungan-perhitungan agar interior tersebut sesuai dengan keinginan, terkadang posisi ini juga memiliki jobdesk untuk mengomando para pekerja di bawahnya agar sesuai dengan yang sudah direncanakan pada desainnya.

Toy Designer / Desainer Mainan

Blogger_ MARUPEN - Edit entri
 
Baik itu untuk industri rumahan maupun di perusahaan, desainer mainan ini cukup banyak dibutuhkan karena mainan pun berkembang seiring berkembangnya jaman (seperti halnya game juga). Maka dari itu tugas desainer mainan adalah terus membuat desain mainan yang bisa menyesuaikan kebutuhan jaman. Hal yang sering dijadikan pertimbangan dalam pembuatan desain mainan antara lain, tujuan mainan tersebut (edukasi, koleksi, hiburan), ukuran, dan berbagai aspek estetika lainnya. 


Web Designer

Web Designer
 
Seiring berjalannya jaman, sekarang bisnis online maupun blog untuk menulis mulai menjamur. Mulai dari kalangan bawah sampai konglomerat mulai menyukai bisnis ini. Pekerjaan web desainer yang dulu dikesampingkan kini menjadi pekjerjaan yang cukup dicari dan diminati. Hal ini karena web desainer bertugas untuk menata dan  memperindah website Anda (entah untuk menulis seperti blog atau berbisnis online) secara profesional. Seorang web designer pasti akan terus berhubungan dengan kode-kode pemprograman yang sangat rumit. Inilah yang membuat kita cukup sulit jika tidak pernah belajar mengenai kode-kode tersebut. Tentu saja hal itu akan menarik para pembeli maupun pembaca untuk mengunjungi web kita. Selain estetika, aspek praktikal (seperti apa desain terlalu berat untuk loading atau tidak) juga perlu dikuasai agar hasilnya juga maksimal.


Art Teacher / Guru Seni

Guru
 
Guru seni adalah slaah satu pilihan pekerjaan yang masih berhubungan dengan pendidikan. Karena hanya mengajarkan tentang kesenian, jadi menjadi guru seni rupa cenderung lebih mudah daripada pekerjaan yang berhubungan seni lainnya. Tetapi yaa, seperti guru-guru pada umumnya untuk bayarannya mungkin bisa dibilang standar ya.. Hmmm

Tragisnya sekarang ini, tidak banyak sekolah-sekolah yang membutuhkan guru seni rupa untuk mengisi kesenian di sana. Mungkin karena kesenian tidak lebih penting dari pelajaran seperti matematika, IPA, IPS dan pelajaran utama lainnya, sehingga membuat jatah jam pelajaran kesenian menjadi sedikit bahkan ditiadakan. Biasanya, solusi yang diambil para guru seni rupa ini adalah dengan membuka les privat menggambar dan membuat karya seni yang bisa dijual untuk menambah pemasukan.

Make Up Artist

Make Up Artist
 
Seperti namanya, Make up artist tugasnya yaaa mendandani orang-orang. Berbeda dengan pekerja seni pada umumnya, make up artist memiliki teori dan pakem tersendiri untuk mendandani kliennya. Selain itu mereka juga harus mengetahui berbagai jenis dan alat-alat make up. Yang sering menggunakan jasa make up artist ini antara lain, calon penganten, mahasiswa yang akan wisuda, orang-orang yang akan pentas seni baik tari, menyanyi, maupun pentas lainnya, dan lain sebagainya.


Membuka Distro dengan Desain Original

Fashion Designer

Yang satu ini tentu saja kita akan berurusan dengan bisnis ya. Kebutuhan seseorang akan pakaian mulai cukup meningkat seiring waktu, dan kebanyakan mulai bosan dengan desain-desain yang ada. Distro biasanya menyajikan barang-barang yang unik terutama jika barang-barang yang dijual menggunakan desain original distro tersebut. Hal ini membuat distro menjadi salah satu tujuan untuk membeli barang-barang unik dan berbeda dari toko-toko lainnya(biasanya baju, sepatu, topi, tas, dll). 

Tantangannya adalah, karena distro biasanya merupakan bisnis pribadi maupun kelompok kecil membuat produksinya juga terbatas dan tidak bisa banyak (dengan alasan untuk variasi produk) dengan begitu berimbas ke harganya yang lebih mahal, karena biasanya distro sangat menjaga kualitas bahan produk-produknya.


Sekian dulu postingan mimin kali ini yang membahas tentang pekerjaan-pekerjaan yang sesuai dengan hobi menggambar kita yang bisa menjadi pilihan. Mohon dikoreksi jika ada kesalahan penjelasan yaaak. Sebenarnya masih banyak sekali macam-macam pekerjaan yang berhubungan dengan hobi menggambar kita, tetapi mimin gak bisa bahas satu per satu karena terlalu banyak. 

Nah dari berbagai pekerjaan di atas, pekerjaan mana yang paling cocok untuk kalian? Jika ingin memutuskan untuk bekerja di bidang seni rupa yang sejalan dengan hobi kita, pastikan kita harus belajar dengan sungguh-sunggu dan niatkan dengan seniat-niatnya untuk meningkatkan skill sesuai tujuan pekerjaan yang kita pilih, atau jika tidak jadikan menggambar hobi saja dan memilih pekerjaan utama yang lainnya hehehe.

Jangan lupa ikuti terus blog blahbloh.com karena mimin bakal sering upload tentang tutorial, referensi, tips dan trik tentang menggambar untuk meningkatkan skill dan kualitas gambar kita. Selain itu, mimin juga bakal posting info-info menarik lainnya seputar anime, game, manga, komik, dan info menarik lainnya supaya kalian tidak bosan hehehe.

Terima kasih atas perhatian kalian dan sampai jumpa lagi lain waktu di postingan mimin lainnya.

Belum ada Komentar untuk "Bukan Hanya Komikus, Hobi Menggambarmu Bisa Menjadi Jalan Ke Pekerjaan Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel