Bagaimana Menggunakan Flow Komposisi Yang Baik Dalam Panel Komik

Flow Komposisi sebenarnya mempunyai fungsi agar komik yang kita buat menjadi enak dibaca. Walaupun terlihat tidak penting, tapi kalau kita tidak dapat memanfaatkannya dengan baik, komik akan terasa jenuh saat dibaca dan kadang kita tidak tau kenapa dan kalau ini tetap terjadi di halaman-halaman selanjutnya maka akan sangat fatal jadinya, pembaca akan merasa jenuh membaca komik kamu dan akan meninggalkannya.

Kuncinya ada di mana arah komposisi panel komik kita secara keseluruhan dalam satu halaman, kalau condongnya ke kanan, buat arah komposisinya secara keseluruhan ke arah kanan dan begitu pula sebaliknya. 

Gambar ini merupakan contoh komposisi yang salah karena panel terkahirnya. Meskipun secara individu, komposisinya sudah pas (pemberian kaki yang lebih dekat kemera sebelah kanan berfungsi untuk menyeimbangkan komposisi yang berat sebalah kiri) namun secara keseluruhan, panel tersebut seakan menggiring pembaca untuk melihat dari arah kanan ke kiri akibat efek tilt pada kamera. Padahal arah komposisi atas sudah di arahkan ke kanan. Karena panel bagian bawahnya juga cukup besar, maka kesalahan arah komposisi panel tersebut mampu mengacaukan arah komposisi secara keseluruhan.

Contoh Flow Komposisi
Contoh Flow Komposisi yang salah

Apa solusinya?
Solusinya pilih arah komposisi yang hendak dipakai sejak awal. Kalau mau mekakai arah kanan, ubal tilt panel bawah menjadi ke kanan. Kalau mau ke kiri, ubah arah komposisi dari 4 panel pertama ke kiri.

Flow komposisi tidak terpatok apakah halaman yang kita buat itu mengarah ke arah kiri ataupun kanan, atau bagaimana cara membaca komik kita. Jadi bisa saja halaman yang ada ke kanan dengan cara baca dari kiri ke kanan, memakai flow komposisi ke arah kiri.
Hal penting lain yang perlu diperhatikan dalam flow komposisi adalah posisi objek terhadap kamera, usahakan jika masih dalam satu halaman yang sama kalau objek/karakter tidak clash/interaksi secara intens dengan objek/karakter lain, pertahankan posisinya terhadap kamera.

Contoh;
Jika dalam satu halaman karakter A selalu ada di sebalah kanan dari karakter B, maka pertahankan posisi ini semaksimal mungkin jika masih ada dalam satu halaman. Angle kamera bisa berubah tapi posisi secara keseluruhan harus tetap sama. si A harus berada di sebelah kanan si B.


Dikutip dari Post FB Hadiyas Hanafi

Belum ada Komentar untuk "Bagaimana Menggunakan Flow Komposisi Yang Baik Dalam Panel Komik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel