Alat Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Komik


Selamat hari minggu para sobat pena, apakah hari ini kalian sedang mengerjakan project komik kalian? ataukah lagi bersantai di hari libur ini? hmm atau malah masih mencari ide cerita? apapun itu semoga kita semua diberi kesehatan dan umur panjang sehingga kita dapat menggapai cita-cita yang kita inginkan. Aamiin.

Dalam postingan kali ini mimin akan membahas peralatan apa saja sih yang kita perlukan dalam membuat sebuah komik. yuk kita belajar bersama

Manga tools


Pertamayang pasti kita membutuhkan media gambarnya terlebih dahulu, yaitu kertas. Untuk kertas saya sarankan sediakan 2 jenis kertas yang kualitasnya jelek dan kualitasnya bagus. Mengapa? untuk kertas dengan kualitas jelek akan kita pergunakan untuk membuat naskah komik atau manga name, untuk kertasnya kalian bisa menggunakan kertas yang dengan ketebalan 60-70gsm, atau kertas bekas juga bisa. Mengapa name itu penting? yah intinya name atau naskah komik itu seperti peta yang akan menuntun kita ketempat tujuan. Pada artikel selanjutnya kita akan membahas kenapa name atau naskah komik itu penting untuk dibuat. Oh ya kalian juga bisa membaca bagaimana cara menulis script komik pada artikel berikut  Cara Mudah Menulis Script Komik.

Dan untuk kertas dengan kualitas yang lebih bagus, akan kita gunakan untuk membuat halaman komik/manganya. Untuk kertas ini kalian dapat menggunakan kertas HVS dengan ketebalan 80-100gsm, tapi saya sarankan lebih baik menggunakan kertas dengan ukuran 100-120gsm, saya sendiri menggunakan kertas HVS dengan ketebalan 100gsm bermerk Onepaper dan terkadang menggunakan kertas khusus manga yang berukuran 120gsm yang saya beli secara online. 

Kertas HVS
Kertas HVS

Kertas manga
Contoh kertas khusus Manga

Kedua, kita membutuhkan pensil, saya sarankan gunakan pensil dengan ketebalan dibawah pensil 2b atau maksimal menggunakan pensil 2b, agar sketsa dasar kita tidak terlalu tebal dan mudah untuk dihapus atau lebih enak lagi jika kita menggunakan pensil dengan warna, bukan pensil warna ya, tapi pensil refill yang mempunyai warna.

Jenis-jenis pensil
Jenis-jenis pensil, dari pensil ukuran 6H s/d 8B
Colour Refill Pencils
Colour Refill Pencils

Ketiga, jika ada pensil tentunya kita membutuhkan penghapus dong, untuk penghapus pilihlah dengan merk yang bagus, atau setidaknya cari penghapus yang ketika digunakan tidak meninggalkan noda/bekas hitam pensil yang biasanya sering terjadi pada penghapus murahan, intinya cari penghapus yang bagus. Saya sendiri menggunakan penghapus dengan merk Boxy dan Mono.

penghapus
Mono Plastic Eraser

Keempat, nah untuk menebalkan sketsa yang telah kita buat, tentunya kita memerlukan pena gambar. Belilah pena yang memang khusus digunakan untuk menggambar, yang paling murah kalian bisa membeli pena dengan merk snowman drawing pen, saya sendiri kalau lagi bokek menggunakan pena ini, atau jika kalian mempunyai uang lebih, kalian bisa membeli drawing pen dengan merk sakura.

Drawing pen
Drawing Pen dari berbagai merk
Selain drawing pen, lebih bagus jika kalian bisa menggunakan pena khusus manga yang biasanya digunakan oleh mangaka professional, yaitu G-pen, Saji-pen, dan Maru-pen. (terkadang saya juga menggunakan pena ini) apa itu G-pen, Saji-pen dan Maru-pen, kalian bisa mengetahuinya dengan membaca artikel berikut  G-Pen, Marupen dan Sajipen Serta Perbedaannya.

G-pen, Saji-pen dan Maru-pen
G-pen, Saji-pen dan Maru-pen

Kelima, jika kalian menggunakan G-pen, Saji-pen dan Maru-pen sebagai pena kalian, maka itu kalian memerlukan tinta, karena pena jenis ini adalah pena jenis celup, untuk tinta jangan lupa membeli tinta warna hitam dan juga warna putih ya.
Tinta Manga
Tinta, dapat di beli secara online
Tinta Manga
Tinta Manga warna hitam, dapat dibeli secara online
www.theimstudio.com

Tinta Manga
Tinta Manga warna putih, dapat dibeli secara online
www.theimstudio.com

Keenam, selain pena kalian juga pasti memerlukan kuas untuk menintai gambar dengan area yang luas, hal ini demi memudahkan kalian dalam memberi tinta atau lebih dikenal dengan istilah Blocking atau Beta. Karena akan lebih mudah jika menggunakan kuas dari pada menggunakan spidol atau pena.

Kuas
Kuas


Tujuh, untuk alat bantu lain yang pastinya tidak kalah penting adalah penggaris, ada bermacam-macam jenis penggaris, pilihlah sesuai kebutuhan kalian.

Penggaris khusus manga
Penggaris

Delapan, untuk hasil akhir pada komik yang akan dibuat, kalian memerlukan corak atau screentone yang berguna untuk membuat gambar manga kalian tampak lebih hidup, untuk screentone kalian dapat menggunakan screentone secara manual ataupun digital.

manga screentone
Contoh corak atau screentone manga
manga screentone
Contoh corak atau screentone manga

Jika kalian menggunakan corak/screentone secara tradisional, maka kalian memerlukan cutter atau hobby knife untuk membentuk pola pada screentonya.

cara memasang screentone manga
Contoh memasang screentone pada gambar
screentone manga
Halaman manga yang telah dipasang screentone

Well intinya alat-alat yang disebutkan di atas sudah cukup untuk dapat digunakan dalam membuat sebuah manga. Tapi alat-alat pelengkap berikut mungkin juga bisa membantu kamu dalam membuat manga.


Sembilan, Ereser dust cleaner yang terbuat dari bulu, berguna untuk membersihkan bekas atau sisa-sisa dari hasil hapusan gambar agar lebih rapih dan tidak meninggalkan bekas tinta.

Eraser Dust Cleaners
Eraser Dust Cleaners

Sepuluh, Tracing Table atau meja trace, berguna untuk melakukan trace gambar agar lebih mudah.

Tracing Table
Tracing Table

Sebelas, model untuk menggambar gerakan karakter, bisa di ambil dari gambar yang banyak tersedia di internet atau melalui patung model

SHF mankun womankun
Model Mankun dan Womenkun dari figure S.H.F

Duabelas, Komik/Manga atau referensi lainnya yang juga akan membantu kalian dalam mengembangkan manga kalian atau sebagai contoh adegan-adegan karakter manga.

Komik di lemari
Komik dan Novel sebagai referensi

Terkahir, Scanner jika kalian ingin mengedit hasil akhirnya menggunakan komputer.
Scanner
Scanner

Nah, itulah tadi alat-alat yang kalian perlukan dalam membuat sebuah komik.

Semoga membantu ^^

Belum ada Komentar untuk "Alat Yang Dibutuhkan Untuk Membuat Komik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel