10 Tips Menggambar Sketsa untuk Pemula


10 Tips Menggambar Sketsa untuk Pemula


10 Tips Menggambar Sketsa untuk Pemula

Hai teman-teman pembaca semuanya di manapun kalian berada. Semoga selalu diberikan kesehatan dan semangat yang melimpah untuk menjalani hari-hari. Kali ini mimin mau membahas tips yang akan cukup membantu kalian yang suka membuat sketsa dengan pensil maupun pensil warna yang akan mimin bahas dalam postingan kali ini yang berjudul "10 Tips Menggambar Sketsa untuk Pemula".

Menggambar sketsa (entah itu sketsa wajah atau benda lainnya) dengan alat tulis seperti pensil dan pensil merupakan hal yang biasa kita lakukan jika memang menggambar adalah hobi kita. Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya skill menggambar sketsa secara lebih baik juga memerlukan teknik yang tepat agar hasil sketsa juga maksimal.

Bagi pemula yang masih sedang belajar membuat sketsa, "10 Tips Menggambar Sketsa untuk Pemula" ini mimin rasa akan cukup membantu kalian dalam menggambar sketsa dengan baik. Langsung kita bahas satu per satu yuk.

1. Hindari Coretan atau Noda Pensil

10 Tips Menggambar Sketsa untuk Pemula

Ketika sedang menggambar sketsa atau sedang membuat shading (bayangan) dengan pensil atau pensil warna, gunakan alas kertas atau plastik (seperti gambar di atas) sebagai alas tangan kalian. Hal ini bertujuan untuk meminimalkan noda arsiran mengenai tangan dan mengotori bagian gambar lainnya. Kalian gak mau kan kalau gambar kalian penuh dengan noda-noda pensil hasil arsiran yang menempel di tangan kalian. Itu akan sangat merusak gambar kalian, terlebih lagi jika kalian ingin membuat sketsa dengan kesan bersih tanpa coretan yang tidak perlu, pasti akan sangat membuat frustrasi ya. hmmm

2. Buat Rambut Kriting dengan Beberapa Garis Mudah

10 Tips Menggambar Sketsa untuk Pemula

Kalau gambar di atas adalah tutorial jika kalian ingin menggambar sketsa rambut kriting yang oke. Untuk pemula, kalian bisa mempraktikkan cara mudah di atas. Pertama yaitu buat 2 garis lurus yang di ujungnya semakin mengerucut, lalu buat garis lengkungan lengkungan seperti yang ada pada gambar di atas. Ikuti langkah-langkah selanjutnya dan rambut kriting yang indah pun sudah siap. Silakan bisa dipraktikkan yak.

3. Jangan Dihaluskan Semuanya, untuk Efek Tekstur

10 Tips Menggambar Sketsa untuk Pemula

Dalam membuat sketsa gambar dengan pensil atau mewarnai dengan pensil warna banyak dari kita akan berfokus untuk menghaluskan semuanya agar pewarnaannya terlihat halus dan merata. Tetapi sebenarnya hal itu kurang dianjurkan oleh beberapa artist di dunia. Menghaluskan memang cara yang baik untuk mendapatkan kesan pewarnaan dan arsiran yang merata, tetapi beberapa part tidak perlu diratakan. Kalian bisa membiarkannya atau bisa ditambah dengan beberapa coretan atau motif untuk tekstur. Tekstur ini akan membuat kalian terlihat lebih variatif, tidak membosankan, dan natural. Tekstur biasanya diaplikasikan untuk gambar seperti tanah, pepohonan, atau objek lainnya.

4. Buat Sketsa Awan dengan Mudah

10 Tips Menggambar Sketsa untuk Pemula

Membuat awan memang bisa dilakukan dengan teknik yang berbeda-beda. Salah satunya adalah cara seperti gambar di atas. Pertama buat garis-garis atau arsiran dengan pressure (tekanan) yang tidak terlalu kuat. Tujuannya tidak lain adalah agar kita mudah untuk meratakan dan membuat efek awannya serta agar tidak meninggalkan garis yang terlalu tebal. Setelah diratakan kita bisa menghapus beberapa bagian untuk memberikan efek awan yang agak terang, atau mengulangi proses arsiran dan meratakan seperti di awal tadi pada beberapa bagian untuk memberikan efek awan yang gelap. Silakan bereksperimen dengan arsiran untuk mendapatkan kesan awan yang bagus dan alami.

5. Kendalikan Pensilmu

10 Tips Menggambar Sketsa untuk Pemula

Hal ini tentu saja sangat penting. Tangan kita memiliki kendali penuh terhadap bagaiman pensil kita diarahkan. Dua gambar di atas senbagai contoh cara memegang pensil. Gambar pertama adalah cara memegang pensil yang umum, semakin dekat dengan ujung pensil maka kita akan semakin mudah untuk mengarahkan kemana mata ujung pensil itu, tetapi dengan memposisikan seperti itu kita akan susah untuk membuat efek arsiran tipis, jadi yaaa hasilnya arsiran akan tampak lebih tebal. Cara kedua yaitu dengan menjauhkan tangan dengan mata ujung pensil. Cara ini bisa memberikan efek arsiran tipis yang merata, tetapi resikonya kita jadi susah untuk mengendalikan pensil tersebut. Hmmmm mungkin bisa dikombinasikan keduanya ya. Bisa dicoba sendiri kalau tidak percaya hahaha.

6. Gunakan Garis yang Bervariasi

10 Tips Menggambar Sketsa untuk Pemula

Penggunaan garis-garis yang bervariasi juga penting untuk gambar sketsa agar bisa memberikan efek-efek tertentu. Mungkin beberapa part kita akan butuh garis atau arsiran searah, tetapi untuk bagian lainnya kita bisa variasikan arsirannya. Misalnya untuk menggambar rambut, bulu, rerumputan, dan lain sebagainya. Dengan arah garis yang bervariasi maka gambar sketsa kita akn terlihat lebih enak dipandang. Tetapi harus diingat juga garis yang bervariasi ini tidak asal sembarang digunakan lho ya, salah-salah malah gambar kita menjadi terlihat aneh. Dengan sering melihat referensi dan melatihnya pasti kita akan bisa mengaplikasikan teknik ini.

7. Buat Karakter yang "Mudah Dikenali" Ketika Dalam Bentuk Siluet
10 Tips Menggambar Sketsa untuk Pemula
Latihan seperti ini sering dilakukan oleh komikus atau animator barat. Lihatlah dua pasang gambar di atas. Terdapat gambar sebuah karakter yang keduanya sama-sama memegang mug. Jika dibuat siluet (atau gambar bayangan), kita akan bisa lebih jelas mengatakan kalau gambar pertama sang karakter sedang memegang mug, sedangkan gambar kedua kurang jelas. Menurut komikus dan animator barat, cara ini merupakan cara yang cukup ampuh untuk membuat karakter yang "kuat"(karakteristiknya) dan mudah dikenali. Yaa meskipun tidak semua komikus menggunakan cara ini sih, tetapi cukup meyakinkan juga untuk dicoba. Cara mudahnya yaitu dengan menggambar ulang karakter kita (atau bisa dijiplak) kemudian blok dengan warna hitam, lalu suruh orang lain memberi tahu kira-kira karakter kita sedang ngapain. Kalau benar berarti kita berhasil, hahaha cukup asik juga untuk dipraktikkan.


8. Balik (Flip) Gambarmu

10 Tips Menggambar Sketsa untuk Pemula

Nah cara ini cukup populer di kalangan artist dari yang amatir sampai profesional, yaitu membalik gambar kita. Terkadang kita menggambar dan merasa hasilnya sudah sempurna dari segi presisi atau simetrisnya. Eiitss tunggu dulu coba dibalik, apakah masih terlihat bagus dan sempurna? haha terkadang kita akan menemukan cacat-cacat yang tidak bisa kita lihat di satu sisi. Cara mudah yang biasa mimin lakukan antara lain melihat gambar dari belakang kertas dengan posisi gambar menghadap cahaya yang terang, dengan begitu kita bisa menerawang gambar kita dari belakang. Atau bisa juga dengan memfoto gambar kita dengan kamera HP kemudian edit dengan fitur FLIP maka gambar akan terbalik antara kanan dan kirinya. Dari cara itu kita bisa melihat bagaimana tingkat presisi dan kesimetrisan gambar kita. Cara ini sangat bagus untuk meningkatkan skill menggambar kita karena kita bisa melihat dan menyempurnakan gambar kita dari dua sisi
9. Buat Sketsamu Seimbang ( Jangan Terlalu Simetris)

10 Tips Menggambar Sketsa untuk Pemula
Yang dimaksud dengan seimbang dari cara ini adalah komposisi gambar antara kiri dan kanan cukup dan tidak terlalu banyak di satu sisi saja. Tips ini hanya satu dari berbagai banyak cara yang ada diluaran sana untuk membuat gambar kita seimbang. Gambar di atas contohnya, antara gambar sisi kiri dan kanan seimbang meskipun komponen gambarnya tidak sama persis. Dengan begitu sketsa terlihat lebih enak dipandang karena komposisi yang seimbang dan pas. 

10. Kreasikan Sketsamu dengan Garis-Garis yang Tak Biasa

10 Tips Menggambar Sketsa untuk Pemula

Hampir sama dengan tips nomer 6, yaitu menggunakan garis-garis atau arsiran yang bervariasi. Hanya saja cara yang terakhir ini memerlukan lebih banyak eksperimen agar gambar sketsa kita menjadi lebih bagus. Tujuan dari tips yang terakhir ini adalah untuk mencapai tingkat artistik yang bagus dan kental, maka dari itu perlunya jiwa seni yang tinggi dan latihan yang tidak sebentar untuk mendapatkan kesan artistik pada gambaran sketsa kita.


Sumber: creativeblog

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Nah, bagaimana teman-teman? Cukup mudah untuk diikuti 'kan? Meskipun terlihat mudah "10 Tips Menggambar Sketsa untuk Pemula" ini bisa sangat membantu kalian yang baru belajar menggambar sketsa lho, jadi jangan lupa dipraktikkan ya. Semoga bermanfaat

Sekian postingan mimin kali ini yang membahas tentang "10 Tips Menggambar Sketsa untuk Pemula". Semoga apa yang mimin bagikan kali ini bisa meningkatkan skill menggambar kalian ya. Oh iya jangan lupa ikuti terus blog blahbloh.com untuk informasi menarik lainnya mengenai anime, tips menggambar, tutorial menggambar, dan informasi lainnya yang tentunya bermanfaat untuk kalian terutama yang suka dengan anime dan menggambar.

Terima kasih atas perhatiannya dan sampai jumpa di postingan mimin lainnya.

Belum ada Komentar untuk "10 Tips Menggambar Sketsa untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel